Ahad 13 Jun 2021 16:40 WIB

Kemenkes Gandeng Kementerian LHK Tangani Limbah Medis Covid

Kemenkes bekerja sama dengan Kementerian LHK tangani limbah medis Covid-19.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati  / Red: Bayu Hermawan
Limbah medis Covid (ilustrasi)
Foto: Antara/Fauzan
Limbah medis Covid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk menangani limbah medis Covid-19.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian LHK (menangani limbah medis penanganan Covid-19)," ujar Direktur Kesehatan Lingkungan Kemenkes Vensya Sitohang saat dihubungi Republika.co.id, Ahad (13/6).

Baca Juga

Vensya melanjutkan, Kemenkes sesuai tugas dan fungsinya adalah membuat regulasi untuk fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) penghasil limbah. Ia menjelaskan, limbah medis, limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) harus dipisahkan dari limbah domestik fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

Pemisahan limbah ini, dia melanjutkan, harus dilakukan fasyankes sebelum akhirnya dilakukan pengolahan lebih lanjut. Sementara terkait aturan untuk pengolahan limbah medis lebih lanjut, dia menambahkan, dikeluarkan oleh pihak Kementerian LHK.

 

Terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengutip keputusan menteri kesehatan (Kepmenkes) bahwa pengolahan limbah medis seperti vaksin dilakukan oleh Kemenkes yang dengan berkerja sama menggandeng dinas LHK atau pihak-pihak lain yang biasa melakukan pengolahan limbah infeksius.

"(Pengolahan limbah medis Covid-19) ini dilakukan fasyankes masing-masing," katanya. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement