Mengenal Kastil Shamsan, Peninggalan Utsmaniyah

Senin , 14 Jun 2021, 13:01 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Mengenal Kastil Shamsan, Peninggalan Utsmaniyah
Mengenal Kastil Shamsan, Peninggalan Utsmaniyah

IHRAM.CO.ID, ABHA -- Kastil Shamsan Terletak di timur laut Abha. Kastil Shamsan adalah simbol warisan Asir, terutama setelah renovasi baru-baru ini membuka jendela ke sejarah wilayah tersebut. Kastil ini terletak di atas Gunung Shamsan, pada ketinggian 2.200 meter di atas permukaan laut.

 

Terkait

Kastil Shamsan merupakan  gerbang utama ke kota Abha dari Aaqabat Al-Shaar Utara, dan garis pertahanan pertama kota itu selama beberapa periode. Luas permukaan keseluruhan kastil adalah 5.389 meter persegi, melintasi medan berbatu.

Baca Juga

Tata letaknya tidak rata, dengan menara melingkar di sudut utara kastil. Sebuah bangunan persegi panjang besar, memiliki dua menara lebih lanjut dan pintu masuk utama di sisi barat yang menghadap ke kota.

Batu dan tanah liat adalah bahan konstruksi utama pada waktu itu, dan peralatan batu yang ditemukan di situs tersebut berasal dari milenium ketiga sebelum masehi.  Fragmen keramik yang terbuat dari tanah liat merah, dari milenium pertama sebelum masehi, juga telah digali.

Pintu selebar empat meter di dinding barat membuka ke halaman tengah yang dikelilingi oleh kamar dan fasilitas. Sebagian besar dinding kastil masih utuh, meskipun sudah tua. Atap kastil terbuat dari balok pohon Juniper, yang dipahat dari hutan barat Pegunungan Asir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini