Lebih 450 Ribu Jamaah Telah Daftar Haji

Selasa , 15 Jun 2021, 15:57 WIB Reporter :Meiliza Laveda/ Redaktur : Esthi Maharani
Jemaah haji
Jemaah haji

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Kementerian haji dan umroh Arab Saudi mengumumkan saat ini sudah lebih dari 450 ribu orang di Arab Saudi telah mendaftar ibadah haji dalam waktu 24 jam sejak pembukaan platform pendaftaran. “Jalur digital menerima lebih dari 450 ribu aplikasi haji, termasuk penduduk dan warga negara dalam 24 jam pertama pembukaan pendaftaran,” kata kementerian.

 

Terkait

Menurut pengumuman itu, 60 persen pelamar adalah laki-laki dan 40 persen adalah perempuan. Untuk pertama kalinya, Arab Saudi mengizinkan perempuan mendaftar haji tanpa wali laki-laki.

“Mereka yang ingin melakukan haji harus mendaftar sendiri. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki),” ujar kementerian dalam negeri Arab Saudi.

Saudi akan membatasi haji tahun ini untuk 60 ribu jamaah yang tinggal di Saudi karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. Jamaah yang diizinkan mendaftar yang berusia 18-65 tahun dan telah menerima dosis vaksin setidaknya 14 hari sebelumnya atau yang telah pulih dari Covid-19 dan sudah divaksin.

Dikutip Al Arabiya, Selasa (15/6), portal pendaftaran diluncurkan pada 13 Juni pukul 13.00 siang waktu setempat. Tidak ada prioritas untuk pendaftaran awal. Kementerian haji dan Uumrah menegaskan pemerintah Arab Saudi selalu mengutamakan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah.

Diperkirakan, haji tahun ini akan dimulai pada pertengahan Juli. Untuk informasi lebih lanjut bisa diakses pada situs localhaj.haj.gov.sa.