Rabu 16 Jun 2021 15:39 WIB

Pembatasan Dicabut, Taj Mahal Kembali Dibuka untuk Turis

India mencatat tambahan 2.542 korban jiwa akibat Covid-19 semalam.

Pembatasan Dicabut, Taj Mahal Kembali Dibuka untuk Turis. Seorang pekerja membersihkan pagar di tempat Taj Mahal di Agra, India.
Foto: saudigazette
Pembatasan Dicabut, Taj Mahal Kembali Dibuka untuk Turis. Seorang pekerja membersihkan pagar di tempat Taj Mahal di Agra, India.

IHRAM.CO.ID, BENGALURU -- Taj Mahal yang ikonik di India dibuka kembali untuk umum, Rabu (16/6). India bergegas mencabut pembatasan dalam upaya merevitalisasi ekonominya.

Monumen abad ke-17, yang dibangun oleh kaisar Mughal Shah Jahan di kota utara Agra itu ditutup pada awal April. Hakim Distrik Agra Prabhu Singh mengatakan hanya 650 wisatawan yang diizinkan masuk ke dalam bangunan Taj Mahal kapan saja.

Baca Juga

Monumen marmer putih itu biasanya menarik tujuh-delapan juta pengunjung setiap tahun atau rata-rata lebih dari 20 ribu orang per hari. Negara bagian Uttar Pradesh, tempat kota Agra berada, melaporkan 270 kasus baru Covid-19 dalam semalam dan 56 kematian.

Uttar Pradesh adalah salah satu negara bagian tersulit di India dalam hal total kasus Covid-19. Monumen-monumen lain yang dilindungi federal, termasuk Benteng Merah New Delhi dan Qutub Minar juga dibuka kembali untuk turis pada Rabu.

 

Pembukaan monumen untuk para turis itu dilakukan bahkan ketika negara berpenduduk terbesar kedua di dunia itu masih berstatus sangat waspada atas kenaikan angka kerumunan di kota-kota besar. Hal ini mengancam memicu lonjakan lain kasus infeksi corona.

Media India melaporkan kemacetan lalu lintas dan lonjakan wisatawan pekan ini ke arah stasiun bukit utara Shimla. Bukit ini terkenal dengan pemandangan indah puncak Himalaya yang tertutup salju.

Kondisi itu semakin meningkatkan kekhawatiran tentang penyebaran virus corona. Kementerian kesehatan India pada Rabu melaporkan 62.224 kasus baru Covid-19 dalam semalam, sedikit lebih tinggi dari angka kasus pada hari sebelumnya.

Tetapi, angka itu masih jauh di bawah jumlah kasus saat puncak pandemi pada Mei yang mencatat lebih dari 400 ribu kasus infeksi harian. Total kasus Covid-19 negara Asia Selatan itu sekarang mencapai 29,63 juta, sementara total kematian akibat infeksi virus corona mencapai 379.573 jiwa. India mencatat tambahan 2.542 korban jiwa akibat Covid-19 semalam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement