Rabu 16 Jun 2021 17:57 WIB

Abresham FC, Klub Sepak Bola Muslimah Afganistan di London

Abresham FC, klub sepak bola Muslimah di London Barat didirikan awal tahun ini.

Pemain klub Abresham FC kebanyakan Muslimah dari komunitas Muslim Afganistan di London.
Foto: mylondon.news
Pemain klub Abresham FC kebanyakan Muslimah dari komunitas Muslim Afganistan di London.

REPUBLIKA.CO.ID, Abresham FC, klub sepak bola Muslimah di London Barat didirikan awal tahun ini. Awalnya, klub ini berdiri guna mengakomodir keinginan pelajar Muslimah keturunan Afganistan dan Asia Tengah di Faltham, London Barat, untuk bermain sepak bola.

Sekarang, dua bulan setelah diperkenalkan sebagai klub, lebih dari 50 pemain bergabung dengan rentang usia rata-rata 16 tahun. "Kami ingin mendorong keikutsertaan Muslimah dalam sepak bola,"kata Alice Bletso, kordinator tim Abresham, seperti dilansir My London, Rabu (16/6).

Baca Juga

"Namun tidak hanya Muslimah, tetapi juga perempuan secara umum. Saya kira ada keinginan untuk membangun dan mengembangkan tim untuk menjadi lebih baik, tentu ini akan menarik pelajar perempuan lainnya untuk melakukan hal yang sama,"tambahnya.

London Barat meliputi Ealing, Hounslow, dan Hillington merupakan rumah dari komunitas Afhanistan. Lebihd ari 60 persen dari mereka tinggal di London. "Mereka ini inginnya ada klub yang mendukung dan mengembangkan kemampuan Muslimah mudah dalam olahraga. Selain itu juga sebagai sarana untuk bertemu saudara mereka dari Afganistan dan komunitas Muslim lainnya,"kata Alice.

"Terbukti, mereka sangat menikmatinya dan orangtua mereka juga mendukung. Memang, ada beberapa orangtua sangat bersemangat agar anak-anak mereka bermain sepakbola, tentu ini sangat baik,"ungkanya.

Sayangnya, pembatasan akibat pandemi, Abresham yang artinya sutra dalam bahasa Farsi tidak bisa mengikuti kompetisi. Namun, menurut Alice, tantangan besar klub ini adalah menemukan pelatih perempuan yang tepat untuk mereka.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement