Jumat 18 Jun 2021 15:21 WIB

6 Manfaat Iman Kepada Allah SWT di Kehidupan Dunia  

Iman kepada Allah SWT juga memberikan manfaat di dunia

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Iman kepada Allah SWT juga memberikan manfaat di dunia. Ilustrasi Lafadz Allah
Foto: Foto : MgRol112
Iman kepada Allah SWT juga memberikan manfaat di dunia. Ilustrasi Lafadz Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pada hari ini umat Islam yang hidup di dunia senantiasa mengimani keberadaan Allah SWT. Dengan menyakini-Nya, maka manusia akan memperoleh manfaatnya di dalam kehidupan dunia. 

Dilansir dari laman Alukah pada Jumat (18/6), keimanan mempunyai buah yang matang dan hasil yang baik pula. Ini dapat mereka tuai selama hidup di dunia, di antaranya:

Baca Juga

1. Petunjuk kebenaran

Di tengah pandangan ateisme dan sekularisasi, seorang Muslim perlu mengikuti jalan-jalan orang yang beriman. 

 

وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ ءَامَنُوا إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ "Dan sungguh, Allah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus" (QS Al Hajj 54).

2. Kehidupan yang baik

ۚ وَلَـنَجۡزِيَـنَّهُمۡ اَجۡرَهُمۡ بِاَحۡسَنِ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ‏ مَنۡ عَمِلَ صَالِحًـا مِّنۡ ذَكَرٍ اَوۡ اُنۡثٰى وَهُوَ مُؤۡمِنٌ فَلَـنُحۡيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةً‌

"Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan" (QS An Nahl 97).

3. Mendapatkan penolong

اَللّٰهُ وَلِىُّ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا "Allah pelindung orang yang beriman." (QS Al Baqarah 257).

وَمَنۡ يَّتَوَلَّ اللّٰهَ وَ رَسُوۡلَهٗ وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا فَاِنَّ حِزۡبَ اللّٰهِ هُمُ الۡغٰلِبُوۡنَ  "Dan barangsiapa menjadikan Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman sebagai penolongnya, maka sungguh, pengikut (agama) Allah itulah yang menang." (QS Al Maidah 56).

4. Mendapatkan keberkahan

وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ "Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi." (QS Al Araf 96).

5. Mendapatkan kekuatan

 وَلِلّٰهِ الۡعِزَّةُ وَلِرَسُوۡلِهٖ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ "Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin" (QS Al Munafiqun 8).

6. Mendapatkan kemenangan

اِنَّا لَنَـنۡصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا فِى الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا وَيَوۡمَ يَقُوۡمُ الۡاَشۡهَادُ

"Sesungguhnya Kami akan menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari tampilnya para saksi (hari Kiamat)." (QS Ghafir 51).

 

Sumber: alukah 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement