Menemukan Kembali Keindahan Gang-Gang Kuno Mesir

Ahad , 20 Jun 2021, 05:32 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Esthi Maharani
Suasana gang kuno di Kairo
Suasana gang kuno di Kairo

IHRAM.CO.ID, KAIRO -- Seorang arkeolog yang berfokus pada warisan Kairo, Zizo Abdo meluncurkan sebuah inisiatif yang disebut Biografi Kairo. Langkah ini disebut sebagai bagian dari upaya untuk menjelaskan sejarah kota dan bangunan bersejarah yang ada di wilayah itu. Dilansir dari Al Monitor, inisiatif ini berusaha untuk melestarikan warisan Kairo dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga dengan berbagai cara.

 

Terkait

Abdo dan timnya menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk membersihkan dan membuang sampah dari sekitar monumen di Kairo yang telah terbengkalai selama bertahun-tahun. Dia memfilmkan video yang menceritakan sejarah lingkungan kuno sejak awal Kairo, serta perubahan yang dilakukan pada rumah kuno, masjid, sebil (air mancur dengan arsitektur tradisional Islam) dan tekyehs (rumah singgah atau rumah miskin) sebagai bagian dari seri dokumenter yang disebut “Cairo's biography through its rich paths."

Street In Cairo Old Town In Egypt Stock Photo, Picture And Royalty Free  Image. Image 22892865.

Film dokumenter yang mencakup delapan episode yang diposting di halaman Facebook itu bertujuan untuk menjelaskan warisan Kairo mengingat pentingnya agama, sejarah dan arsitektur kota. Dia mengatakan bahwa inisiatif tersebut diluncurkan pada September 2020 untuk meningkatkan kesadaran di kalangan masyarakat tentang pentingnya arkeologi dan kebutuhan untuk melestarikan warisan kota. Hal ini dilakukan melalui tur dan kampanye pembersihan di sekitar beberapa bangunan kuno Kairo yang terbengkalai, mengembalikan cahaya dan kilau Kairo.

Abdo mengatakan dirinya bersama dengan timnya mulai merekam episode untuk menampilkan gang-gang dan lingkungan Mesir. Serta menggambarkan detail sejarah dan estetika mereka dalam video yang berfungsi sebagai panduan untuk tur kota.  Setiap video menceritakan sejarah gang dan menyebutkan peninggalan leluhur yang tersisa di sana.

Dia mengatakan sedang mencoba untuk menemukan kembali keindahan gang-gang kuno Mesir agar bisa berbagi keindahan ini dengan cara yang sederhana dan menarik dengan semua orang. Terutama bagi penduduk Kairo, agar mereka belajar tentang nilai sejarah dan arsitektur kota mereka.

Inisiatif Abdo terdiri dari geografi sejarah, yang berfokus pada jalan-jalan kota dan perencanaan lingkungan, karena setiap periode sejarah memiliki sidik jari dan cerita arsitekturnya sendiri.  Abdo mengatakan Kairo adalah rumah bagi banyak bangunan warisan, yang harus dilestarikan oleh negara dan individu.  Negara harus bekerja sama dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk inisiatif yang berfokus pada warisan Kairo untuk melindungi fitur perkotaan Kairo, katanya.

Street of the Tentmakers, Cairo (Egypt)Street of the Tentmakers, Cairo (Egypt)