Ahad 20 Jun 2021 15:05 WIB

Ini Cara Uzbekistan Ciptakan Lapangan Kerja bagi Perempuan

50 kontainer kargo diubah menjadi salon kecantikan telah dikirim ke seluruh negeri

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
50 kontainer kargo diubah menjadi salon kecantikan untuk membuka lapangan kerja bagi perempuan pedesaan
Foto: Eurasianet
50 kontainer kargo diubah menjadi salon kecantikan untuk membuka lapangan kerja bagi perempuan pedesaan

IHRAM.CO.ID, TASHKENT -- Biasanya orang-orang berdatangan dari daerah terpencil yang pergi ke kota besar untuk bekerja. Namun di Uzbekistan, untuk sekali ini terjadi sebaliknya.

Dilansir dari Eurasianet, di bawah program pemerintah yang dirancang untuk menciptakan lapangan kerja bagi perempuan pedesaan, 50 kontainer kargo diubah menjadi salon kecantikan telah dikirim ke seluruh negeri menurut laporan media setempat elevisi lokal melaporkan pada 14 Juni. Setiap salon dilengkapi dengan peralatan tata rambut, furnitur, dan AC.  Pekerja yang memenuhi syarat dipilih dari antara keluarga yang menganggur dan berpenghasilan rendah.

Laporan menunjukkan pengiriman satu kontainer ke distrik Akkurgan, sekitar satu jam perjalanan ke Selatan ibu kota, Tashkent.  Penerima salon menyeka air mata saat dia menyerahkan kunci pada upacara serah terima yang meriah.

Hurriyat Boymurodova dilatih dalam tata rambut dan sekarang dia memiliki pekerjaan tetap dan sumber pendapatan yang stabill untuk digunakan sebagai salon. Setiap salon dimaksudkan untuk dikelola oleh hingga tujuh penata rambut dan ahli kecantikan.

 

Inisiatif ini merupakan hasil akhir dari seruan seperti yang dilakukan oleh Presiden Shavkat Mirziyoyev pada bulan Februari, ketika dia mengeluarkan instruksi kepada serikat pekerja untuk memikirkan cara menciptakan lapangan kerja bagi perempuan di masyarakat pedesaan.  Proposalnya mencakup pekerjaan di bidang tekstil, pemeliharaan unggas, dan manajemen bisnis.

Prospek pekerjaan di daerah-daerah di luar pekerjaan pertanian bergaji rendah pada umumnya lemah, tetapi khususnya sulit bagi perempuan.  Sejumlah besar mencari peruntungan di luar negeri.  Antara Januari dan Maret 2002, sebelum pandemi virus corona melanda, lebih dari 20.000 wanita meninggalkan negara itu untuk bekerja, menurut data resmi.

Pada April, sekitar 1,6 juta orang secara keseluruhan terdaftar sebagai pengangguran. Gagasan tentang wadah yang digunakan sebagai pemecah masalah telah mendapatkan beberapa momentum. Pada bulan Januari, Mirziyoyev memberi perintah selama perjalanan ke wilayah Bukhara agar unit dipasang di seluruh wilayah pedesaan untuk digunakan sebagai bengkel demi penyediaan layanan sehari-hari. Kemudian diumumkan bahwa penduduk wilayah yang menginginkan kesempatan itu akan diberikan 1.000 kontainer yang harus dibayar dengan pinjaman preferensial.

Krisis Covid -19 adalah ketika kontainer benar-benar menjadi miliknya sendiri.  Musim semi lalu, seluruh kota pop-up yang mampu menampung 10.000 orang dipasang di luar Tashkent untuk mengkarantina warga Uzbek yang kembali dari luar negeri.  Pada bulan Februari, sekali lagi atas perintah presiden, sejumlah walikota dan gubernur dipasang di kantor berbasis kontainer yang dihiasi dengan tanda bertuliskan “Rumah Gubernur” – idenya adalah bahwa ini akan membawa administrator daerah ke dalam kontak yang lebih dekat dengan rakyat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement