Ahad 20 Jun 2021 21:56 WIB

Tiga Daerah Sumbang Kasus Covid-19 Terbanyak di Lampung

Dari 15 kabupaten/kota di Lampung, hanya satu wilayah yang berstatus zona kuning.

Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

BANDAR LAMPUNG -- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat terdapat penambahan 141 kasus harian positif Covid19 dengan tiga daerah menjadi penyumbang terbanyak. Ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Lampung Utara, Lampung Timur dan Pringsewu.

Ke-141 kasus Covid-19 didapatkan dari 12 kabupaten/kota dengan Lampung Utara terdapat 34 pasien, Lampung Timur 19, dan Pringsewu 19 kasus. "Tiga kabupaten ini menjadi penyumbang terbanyak untuk kasus harian," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Ahad (20/6).

Dia menjelaskan, kasus Covid-19 juga didapati di Kota Bandar Lampung dengan 15 pasien, Metro 10 kasus, Kabupaten Lampung Selatan 14 kasus, Lampung Tengah sembilan, Lampung Barat sembilan, Tanggamus tujuh, Tulang Bawang tiga, Mesuji satu, dan Pesisir Barat satu. "Dengan penambahan 141 pasien baru Covid-19, kini jumlah kasus positif di Lampung sudah mencapai 20.201 orang," ujar Reihana.

Dia mengatakan, dari 141 tambahan pasien Covid-19 tersebut, sebanyak 122 pasien merupakan kasus baru dan 19 lainnya didapatkan dari hasil penelusuran. "Sebanyak 115 pasien melakukan isolasi mandiri sebab keadaannya sehat, sedangkan 26 orang menjalani perawatan," kata dia.

Reihana berujar, selain terdapat 141 tambahan pasien Covid-19, pihaknya juga mencatat 177 pasien telah selesai isolasi, sehingga jumlah total pasien yang dinyatakan sembuh hingga kini 17.954 orang. Untuk kasus kematian akibat Covid-19 di Lampung juga bertambah enam orang. 

"Sehingga total orang yang telah meninggal dunia akibat virus ini berjumlah 1.114 orang," kata dia.

Berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung dari 15 kabupaten/kota yang ada di provinsi itu hanya menyisakan satu wilayah yang berstatus zona kuning, yakni Kabupaten Waykanan. Sementara 13 kabupaten/kota lainnya berstatus zona oranye, yakni Kota Bandar Lampung, Kabupaten Mesuji, Lampung Utara, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Barat, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Pringsewu, Tanggamus, dan Pesawaran.Kemudian, di Provinsi Lampung juga terdapat satu daerah yang berstatus zona merah penyebaran Covid-19, yaitu Kota Metro.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement