Rabu 23 Jun 2021 14:55 WIB

Tanda Awal Anda Mungkin Mengalami Parkinson

Periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami lebih dari satu gejala berikut ini.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyakit parkinson
Foto: care2
Penyakit parkinson

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti banyak kondisi progresif, penyakit parkinson mungkin memiliki gejala yang samar pada awalnya. Parkinson adalah gangguan otak dan sistem saraf pusat yang dapat mengganggu gerakan dan bicara.

Penting untuk mengetahui sinyal pertama parkinson sehingga diagnosis dapat dibuat dan pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin. Kuncinya adalah mencari gejala dalam kombinasi.

Ada sejumlah tanda awal parkinson. "Meskipun Anda tidak perlu khawatir jika memiliki salah satu dari gejala ini saja, Yayasan Parkinson merekomendasikan untuk menemui dokter jika mengalami lebih dari satu gejala," kata kepala petugas ilmiah dari Yayasan Parkinson, James Beck, dilansir di Eat This, Not That!, Rabu (23/6).

Berikut beberapa gejalanya: 

1. Getaran

Beberapa orang dengan parkinson mengalami tremor atau gemetar. Awalnya, sering muncul di jari, tangan, atau dagu saat sedang beristirahat. Pada orang dengan parkinson, sel-sel otak yang menghasilkan bahan kimia alami yang disebut dopamin dihancurkan. Itu bisa menghasilkan tremor dan gejala lainnya.

2. Perubahan tulisan tangan

Beck menjelaskan micrographia adalah istilah ketika tulisan tangan menjadi lebih kecil atau lebih rapat. Itu bisa menjadi tanda parkinson, tetapi juga bisa karena sebab lain.

"Sementara micrographia (tulisan tangan kecil) adalah gejala parkinson, perubahan tulisan tangan juga bisa disebabkan oleh tangan kaku akibat radang sendi atau penglihatan yang buruk seiring bertambahnya usia," ujar Beck.

Jika melihat kondisi itu dalam kombinasi dengan gejala lain dalam daftar ini, Beck menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Hilangnya indra penciuman

Gejala yang sekarang terkenal ini mungkin merupakan tanda Covid-19, pilek, atau flu, tetapi juga bisa menjadi gejala parkinson. Jika mengalami kehilangan penciuman, segera lakukan tes virus corona. Jika tidak, tanyakan kepada dokter apakah Anda harus diskrining untuk parkinson?

4. Kesulitan tidur atau gerakan tiba-tiba saat tidur

Banyak orang berguling-guling sesekali, atau tiba-tiba menyentak diri saat tertidur. Itu normal. Namun, jika Anda secara teratur meronta-ronta di tempat tidur atau memerankan mimpi saat sedang tidur nyenyak, itu bisa menjadi tanda parkinson.

5. Kekakuan saat bergerak atau berjalan

Kekakuan atau kesulitan bergerak bisa disebabkan cedera, atau masalah seperti radang sendi. Namun, jika rasa kaku tidak kunjung hilang saat beraktivitas, bisa jadi itu adalah gejala penyakit parkinson. Sinyal awal mungkin berupa kekakuan atau nyeri di bahu atau pinggul, Anda mungkin juga merasa seperti kaki menempel di lantai.

6. Sering sembelit

Jika mengalami sembelit, bisa jadi karena kurangnya serat dalam makanan. Namun, parkinson yang memengaruhi sistem saraf otonom dan mencegahnya berfungsi dengan baik itu dapat memperlambat sistem pencernaan dan memengaruhi cara usus bergerak. Jika sembelit adalah masalah baru bagi Anda atau telah berlangsung lebih dari tiga pekan, maka hubungi dokter.

7. Suara berubah

"Suara Anda mungkin menjadi lebih lembut atau terdengar serak," kata Beck.

8. Wajah berbeda

Dalam gejala ini, ekspresi Anda mungkin tampak serius atau marah, bahkan ketika Anda tidak bermaksud demikian. Jika Anda diberi tahu bahwa Anda terlihat serius, depresi, atau marah saat merasa baik-baik saja, Anda harus bertanya kepada dokter tentang pemeriksaan parkinson.

9. Pusing atau perubahan postur

Anda mungkin merasakan pusing saat berdiri, atau mengalami perubahan postur tubuh setiap saat. Perubahan itu mungkin termasuk membungkuk.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami lebih dari satu gejala di atas, tanyakan kepada dokter tentang skrining parkinson. "Sayangnya, membuat diagnosis parkinson, terutama pada tahap awal, tidak mudah," ujar Beck.

Dia menjelaskan, tidak ada tes darah sederhana atau pemindaian otak yang memastikan diagnosis. Adanya bradikinesia (kelambatan gerakan), ditambah tremor atau kekakuan/kekakuan, akan membantu dokter membuat diagnosis parkinson.

Jika Anda didiagnosis dengan penyakit parkinson oleh dokter penyakit dalam atau geriatri, Beck mengatakan Yayasan Parkinson sangat merekomendasikan untuk menindaklanjuti dengan spesialis gangguan gerakan untuk mendapatkan pendapat kedua. 

"Spesialis gangguan gerakan adalah ahli saraf yang memiliki pelatihan khusus dalam mendiagnosis dan mengobati parkinson," kata dia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement