Berapa Kali Nabi Muhammad Melaksanakan Umroh dan Haji?

Kamis , 24 Jun 2021, 06:17 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
Berapa Kali Nabi Muhammad Melaksanakan Umroh dan Haji?. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Berapa Kali Nabi Muhammad Melaksanakan Umroh dan Haji?. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Nabi Muhammad SAW menunaikan ibadah haji satu kali di tahun beliau wafat (10H) di kenal dengan Haji Wada, karena setelahnya beliau tidak bertemu kembali dengan kaum muslimin. Dalam kesempatan itu nabi berpesan kepada kaum Muslimin mengenai kehidupan sosial ekonomi dan politik.

 

Terkait

KH. Mohammad Hidayat, MBA dalam bukunya Ensiklopedi Haji dan Umrah menuliskan, di antara sabda nabi itu adalah:

Baca Juga

"Peganglah apa yang datang dariku. Barangkali aku tidak akan berjumpa lagi dengan kalian semua setelah tahun ini. "HR Baihaqi).

Sementara tentang umroh, Nabi telah menunaikannya sebanyak empat kali. Semuanya dilakukan dilakukan pada bulan dzulqa'dah. (riwayat Aisyah, Ibn Abbas, Anas bin Malik dikuatkan oleh Ibnu Qayyim).

KH Mohammad mengatakan umroh pertama dilakukan pada tahun keenam Hijriyah yaitu umroh hudaibiyah, umroh kedua dilakukan pada tahun ketujuh Hijriyah.

Umroh ketiga dilakukan pada tahun kedelapan hijriyah atau setelah penaklukan Makkah. Dan umroh keempat dilakukan pada tahun kesepuluh Hijriah berbarengan dengan Haji Wada Haji perpisahan.(Riwayat Imam Muslim).

Mereka menolak pendapat yang mengatakan bahwa salah satu umrah nabi dilakukan pada bulan Rajab dan Syawal (Ibnu Qayyim, Zas Al Maad jilid 1 halaman 184).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini