Jumat 25 Jun 2021 13:45 WIB

Konfigurasi Matematika dalam Seni Islam

Peradaban Islam mengadopsi pola geometri dalam lukisan warisan Persia dan India.

Vas Alhambra
Foto: pinterest.com
Vas Alhambra

REPUBLIKA.CO.ID, Empat unsur dekoratif seperti kaligrafi, bentuk-bentuk tumbuhan, bentuk manusia dan hewan, dan geometri mendominasi hampir semua seni visual dunia Islam. Yang terbanyak dari empat unsur dekoratif itu adalah geometri.

Peradaban Islam mengadopsi pola geometri dalam lukisan warisan Persia dan India. Oleh peradaban Islam, pola ini dikembangkan dalam bentuk dua dan tiga dimensi. Seni ini kemudian bisa dilihat pada batu bata besar serta kubah dan dinding keramik masjid-masjid besar di Persia.  

Baca Juga

Pada masa itu, pola geometri ini menunjukan kedalaman luar biasa dari persepsi estetis karya-karya seniman Muslim. Pola kadang terlihat sederhana juga rumit. Kadang-kadang juga diperlihatkan dalam kombinasi unsur lain.  

Tak satupun peradaban lain yang menggunakan bentuk-bentuk abstrak geometri secara tepat sampai ketingkat dengan pesona yang luar biasa. Berbeda sekali dengan seni Eropa abad pertengahan. 

Terdapat kesamaan fisik antara karakter pyroteknik yang dikendalikan secara visual ini dan keindahan intelektual, kosmik, dan harmoni yang inheren dalam matematika sebagai sains.

 

(Sumber: Sains yang Mengagumkan, Howard F Turner)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement