Jumat 25 Jun 2021 23:27 WIB

Gubernur Sumbar Ingin Sekolah Swasta Bertahan Lewat Kualitas

Gubernur Sumbar sebut Sekolah swasta miliki ruang luas untuk tingkatkan kualitas

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, sekolah swasta memiliki keunggulan dalam kualitas proses pendidikan
Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan, sekolah swasta memiliki keunggulan dalam kualitas proses pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH DATAR - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan, sekolah swasta memiliki keunggulan dalam kualitas proses pendidikan. Hal itu menurut Mahyeldi masih menjadi magnet bagi masyarakat untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah swasta.

"Kunci pendidikan adalah keunggulan yang berkualitas. Apapun dan sejauh apapun lokasi sekolah, asal memiliki keunggulan dan berkualitas maka akan dicari orang," kata Mahyeldi saat meresmikan Pembangunan Komplek Perguruan SMP IT Qurrata A'Yun di Jorong Bulakan, Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Jumat(25/6).

Mahyeldi menyebut, sekolah swasta memiliki ruang yang sangat luas untuk bisa menghasilkan mutu dan keunggulan yang lebih baik daripada sekolah negeri. Karena sekolah swasta dapat menentukan target pendidikan bersama dengan orang tua murid.

Pemerintah provinsi Sumbar kata dia mengapresiasi perguruan SMPIT Qurrata A'Yun Batusangkar telah ikut memajukan dunia pendidik di Sumbar. Dan keberadaan sekolah swasta dan tidak ada hambatan dalam berinovasi mengelola mutu pendidikan di sekolahnya, selama disetujui bersama dengan orang tua siswa.

Mahyeldi menambahkan, banyak orang tua yang memiliki kemampuan secara finansial menginginkan pendidikan terbaik bagi anaknya meskipun harus berbiaya lebih tinggi. Peluang tersebut menurut dia harus dimanfaatkan sekolah swasta yang memiliki kualitas.

"Orang yang mampu secara finansial akan memilih sekolah yang berkualitas meskipun statusnya swasta," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement