Sabtu 26 Jun 2021 10:28 WIB

Bagaimana Insinyur Wanita Arab Saudi di Sektor Industri?

Bagaimana insinyur wanita Saudi mengubah lingkungan industri yang didominasi pria

Wanita Aran Saudi bekerja di sektor Industri.
Foto: Saudi Gazette
Wanita Aran Saudi bekerja di sektor Industri.

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Meskipun ada kemajuan baru-baru ini, perempuan tetap menjadi minoritas dalam profesi sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM), terutama di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Namun demikian, dengan semakin banyaknya wanita Saudi yang memilih karir di STEM dan berkontribusi pada lingkungan kerja yang lebih seimbang gender, sektor industri di Kerajaan Arab Saudi memimpin atau dalam tertinggi dari segi inklusivitas.

Ini terjadi pada sosok Razan Alraddadi, spesialis pengembangan di Amaala — salah satu megaproyek Visi 2030 Kerajaan Arab Saudi yang direncanakan di pantai Laut Mera dan Ruaa Mahmoud, konsultan lulusan di WSP Timur Tengah. Mereka adalah konsultan layanan profesional terkemuka. Keduanya termasuk di antara generasi baru Saudi yang menyala-nyala dalam jejak posisi wanita di STEM.

“Seperti kebanyakan mahasiswa teknik, saya pandai matematika dan saya menyukai pemecahan masalah,” kata Alraddadi dalam podcast yang baru-baru ini direkam berjudul “Model peran teknik untuk masa depan yang lebih beragam,” yang diselenggarakan oleh WSP dan Amaala.

photo

Keterangan foto: Razan Alraddadi (kiri) adalah spesialis pengembangan di Amaala dan Ruaa Mahmoud (kanan) adalah konsultan lulusan di WSP Timur Tengah. 

“Saya adalah anak kreatif yang tumbuh dewasa. Saya bisa memperbaiki semua barang yang rusak di sekitar rumah. Ayah saya memperhatikan itu dan berkata dia pikir saya akan menjadi insinyur yang baik dan insinyur wanita pertama di keluarga kami,” ujarnya.

Podcast tersebut disiarkan untuk memperingati Hari Perempuan Internasional dalam Bidang Teknik, yang tahun ini berlangsung pada tanggal 23 Juni. Tujuannya adalah untuk meningkatkan profil perempuan dalam profesi teknik dan memusatkan perhatian pada peluang karir yang tersedia bagi calon ahli teknologi.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement