Wapres Dorong Destinasi Wisata di Papua Ramah untuk Muslim

Selasa , 29 Jun 2021, 00:53 WIB Reporter :Fauziah Mursid/ Redaktur : Esthi Maharani
 Wakil Presiden Maruf Amin
Wakil Presiden Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong destinasi-destinasi wisata di Papua ramah terhadap muslim. Wapres menjelaskan, ramah yang dimaksud adalah penyediaan fasilitas-fasilitas bagi para pelancong muslim seperti tempat shalat dan makanan atau restoran halal.

 

Terkait

"Destinasi-destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah, seperti tempat shalat dan makanan atau restoran halal," kata Ma'ruf saat hadir secara virtual dalam Raja Ampat E-Festival 2021 “Voyage to Digital Community”, Senin (28/6).

Ma'ruf mengatakan, langkah ini bagian dari menarik wisata ke Raja Ampat dan juga Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia. Dia pun mengajak  mmasyarkat untuk berwisata ke Raja Ampat.

Namun, Ma'ruf mengingatkan agar berwisata di masa pandemi harus dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. "Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan," ujar Ma'ruf.

Ia berharap Gerakan Bangga Berwisata juga dapat mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata. Para pelaku usaha agar menyiapkan produk-produk UMKM, seperti souvenir khas Papua yang berkualitas serta sesuai dengan minat pasar.

Selain itu, ia juga meminta agar disiapkan pula sentra-sentra kuliner dengan konsep desain yang kekinian. Namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua, serta memenuhi standar protokol kesehatan.

Wapres juga meyakini Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia akan mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Gerakan ini terkait dengan program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional, yang akan mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini