Rabu 30 Jun 2021 19:26 WIB

Meksiko Cari Keluarga Anak Imigran yang Ditelantarkan

Ratusan anak dari negara-negara Amerika Tengah menyeberang ke AS lewat Meksiko

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Migran menyeberang ke AS, ilustrasi
Foto: AP Photo/Gregory Bull
Migran menyeberang ke AS, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pihak berwenang Meksiko mencara keluarga seorang anak laki-laki yang kira-kira berusia dua tahun. Anak itu ditemukan dekat sebuah truk yang membawa lebih dari 100 imigran dalam kondisi menyiksa.

Tanpa memakai pakaian, anak itu berdiri sendiri, dikelilingi bungkus-bungkus makanan ringan dengan botol air yang tinggal setengah serta pakaian dari imigran lainnya. Kantong plastik warna hitam juga berserakan di sekelilingnya.

Baca Juga

Pengacara untuk perlindungan anak-anak dan remaja di Negara Bagian Veracruz, Lutgarda Madrigal mengatakan ia masih belum mengetahui dari mana anak itu berasal. Ia menambahkan anak tersebut tidak terluka.

"Sampai sekarang belum ada yang menghubungi untuk bertanya tentangnya, kami sedang melakukan kontak dengan Honduras dan Guatemala," kata Madrigal, Rabu (30/7).

Pihak berwenang Meksiko belum merilis nama anak tersebut. Madrigal mengatakan anak itu akan dipindahkan ke pusat bantuan sosial bagi anak imigran tanpa pendamping di ibukota negara bagian, Xalapa.

Berdasarkan data Badan Bea Cukai dan Perbatasan Amerika Serikat (AS) tahun ini ratusan anak dari negara-negara Amerika Tengah menyeberang ke AS lewat Meksiko tanpa orang tua.

Pekan lalu Wakil Presiden AS Kamala Harris mengunjungi fasilitas patroli dekat perbatasan AS-Meksiko. Ia mendesak solusi untuk imigrasi fokus pada anak-anak. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement