Kamis 01 Jul 2021 20:08 WIB

JK Dukung Penutupan Sementara Rumah Ibadah

Muadzin tetap mengumandangkan adzan sesuai waktu sholat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ani Nursalikah
JK Dukung Penutupan Sementara Rumah Ibadah. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK).
Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
JK Dukung Penutupan Sementara Rumah Ibadah. Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mendukung langkah pemerintah menutup sementara rumah ibadah dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Pemberlakuan PPKM darurat dilaksanakan mulai 3 Juli-20 Juli 2021. JK menilai salah satu cara menghentikan laju penularan Covid-19 adalah membatasi kerumunan sebagai cara yang efektif.

Karenanya, JK mendukung langkah penutupan rumah ibadah, yang merupakan salah satu tempat yang potensi menimbulkan kerumunan. "Salah satu tempat orang berkumpul adalah rumah ibadah, karena itulah maka peraturan dalam PPKM yang akan berlaku ini di mana rumah ibadah akan ditutup itu adalah salah satu cara yang baik ntuk melindungi kita semua," kata JK dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/7).

Baca Juga

Namun demikian, wakil presiden ke-10 dan ke-12 ini mengharapkan perangkat masjid, terutama muadzin tetap mengumandangkan adzan sesuai waktu sholat. Untuk itu, khususnya marbut masjid diharap tetap ke masjid sebagaimana hari hari biasa.  

JK mengimbau umat islam di Indonesia mematuhi peraturan dari pemerintah tersebut dengan tidak berkumpul di masjid demi keselamatan sesama. Ia mengingatkan dalam ajaran Islam hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan sesama.

Terkait pelaksanaan sholat Idul Adha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, JK menyarankan pelaksanaan ibadah tersebut sedapatnya dilakukan di rumah saja atau pada tempat-tempat yang terbatas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement