Ahad 04 Jul 2021 12:30 WIB

Sumbar Zona Merah Covid 19

Kabupaten Padang Pariaman daerah yang sudah ketiga kalinya zona merah.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas memberhentikan kendaraan dari arah Riau saat mellintas di Posko Penyekatan perbatasan provinsi, di Pangkalan, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat. Saat ini Sumatra Barat menjadi zona merah Covid 19 (ilustrasi)
Foto: ANTARA /Iggoy el Fitra
Petugas memberhentikan kendaraan dari arah Riau saat mellintas di Posko Penyekatan perbatasan provinsi, di Pangkalan, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat. Saat ini Sumatra Barat menjadi zona merah Covid 19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Provinsi Sumatra Barat kini berada di dalam zona merah atau zona risiko penularan tinggi covid-19. Status tersebut berdasarkan hasil perhitungan 15 indikator data onset pada minggu ke-69 pandemi covid-19 di Sumbar oleh Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi, yang datanya diinput dan diolah oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Barat.

"Berdasarkan data onset yang dirangkum dari data perkembangan covid-19 di Kabupaten Kota dan berdasarkan indikator Kesehatan Masyarakat, provinsi Sumatra Barat berada di zona merah dengan skor 1,79. Menurun dari minggu sebelumnya pada skor 2,05," kata Juru Bicara Satgas Covid Sumbar, Jasman Rizal, Ahad (4/7).

Baca Juga

Jasman menerangkan pada minggu ini, satu-satunya Kabupaten Kota yang berada di zona merah adalah Kabupaten Padang Pariaman. Ini adalah kali ketiga Kabupaten Padang Pariaman berada dizona merah.

Sementara Kabupaten  yang mendekati zona merah adalah Kabupaten Agam yang skornya berada dibawah 1,94, dan tidak ada Kabupaten Kota yang berada di zona Hijau Kondisi zonasi sama dengan minggu ke-69. Kecenderungan Positivity Rate (PR) di Sumbar lanjut Jasman meningkat dari minggu sebelumnya. PR mingguan Sumbar pada minggu ini adalah 10,26 persen. Meningkat dari minggu sebelumnya pada angka 10,03 persen.

"Peningkatan ini justru memperlihatkan kinerja Satgas Kabupaten Kota yang telah melakukan //tracking dan //tracing dengan baik. Artinya, pola //tracing dan //tracking Satgas Kabupaten Kota telah berada pada jalur yang benar," ucap Jasman.

Sampai minggu ke 69, warga Sumbar yang telah terinfeksi Covid-19 adalah 52.691 orang. Bertambah 2.406 orang dari minggu sebelumnya pada angka  50.285 orang. Ini merupakan rekor tertinggi pertambahan mingguan sejak pandemi covid-19 di Sumbar.

Sedangkan Recovery Rate atau tingkat kesembuhan di Sumbar kini 90,66 persen. Menurun dari minggu sebelumnya pada angka 91,98 persen atau sembuh sebanyak 47.771 dari 50.285 orang yang terinfeksi covid-19.

Meninggal dunia akibat Covid-19 1.208 orang. Menurun dari minggu sebelumnya pada angka 2,30 persen dari 52.691 orang yang terinfeksi. Untuk 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar ada 1 daerah kategori zona merah, 11 zona oranye dan 7 zona kuning.

Zona merah adalah Kabupaten Padang Pariaman. Ke 11 zona oranye adalah Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Padang Panjang, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Padang, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam.

7 zona kuning yakni Kabupaten Pasaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kota Pariaman, Kota Payakumbuh, Kabupaten Solok Selatan, Kota Solok, dan Kabupaten Sijunjung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement