Senin 05 Jul 2021 15:40 WIB

1.054 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi di Asrama Haji

1.054 pasien menjalani isolasi pada delapan dari 25 asrama haji di seluruh Indonesia

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani
Asrama Haji Indramayu
Foto: kemenag.go.id
Asrama Haji Indramayu

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pasien Covid-19 yang memanfaatkan asrama haji sebagai tempat isolasi kembali bertambah. Data Senin (5/7) siang menunjukkan 1.054 pasien menjalani isolasi pada delapan dari 25 asrama haji di seluruh Indonesia yang telah disiapkan.

"Siang ini, data kami mencatat ada 1.054 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji," kata Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri, Saiful Mujab, dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (5/7).

Menurutnya, Asrama Haji Sukolilo Surabaya menjadi tempat yang paling banyak digunakan sebagai isolasi, yaitu 506 orang. Mereka menempati 169 kamar dari 245 yang tersedia.

Saat ini masih ada 76 kamar di Asrama Haji Surabaya. Mereka yang menjalani isolasi di asrama haji adalah pasien Covid-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG.

Sementara itu, Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 197 orang yang sedang isolasi. Asrama haji berikutnya adalah Semarang dengan 78 orang, Ambon 75 orang, DI Yogyakarta 69 orang, Gorontalo 57 orang, serta Lombok 35 orang.

“Untuk Asrama Haji Pondok Gede, saat ini ada 37 pasien Covid-19 yang sedang isolasi. Sehingga total di delapan asrama haji, ada 1.054 pasien," lanjutnya.

Tak hanya itu, Saiful Mujab juga menyebut ada 62 pasien yang saat ini dirawat di Gedung Arafah. Gedung tersebut kini dimanfaatkan penggunaannya oleh RS Haji.

Ia lantas menambahkan, pihaknya bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, serta pihak terkait lainnya sedang menyiapkan langkah mengoptimalkan fungsi Asrama Haji Pondok Gede.

Nantinya, Asrama Haji yang berada di wilayah Jakarta Timur ini tidak hanya digunakan untuk ruang isolasi mandiri, tapi juga tempat perawatan pasien Covid-19.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement