Senin 05 Jul 2021 16:16 WIB

IDAI Minta 30 Kali Tracing Tiap Satu Anak Positif Covid-19

IDAI mengingatkan banyak anak positif Covid-19 yang tak tertolong.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Reiny Dwinanda
Tes Covid-19 pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia mengingatkan pentingnya tes Covid-19 pada anak.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Tes Covid-19 pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia mengingatkan pentingnya tes Covid-19 pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Bhakti Pulungan menyerukan agar tes Covid-19 pada anak diperbanyak. Ia mengaku miris melihat banyaknya anak yang terlambat tertangani karena pengujian Covid-19 pada anak jarang dilakukan.

"Tolonglah beri Ikatan Dokter Anak Indonesia kesempatan untuk bisa menolong mereka. Dengan apa? Testing-nya diperbanyak. Satu kasus 30 kali tracing-nya," kata Aman dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, di Jakarta, Senin (5/7).

Baca Juga

Selama 15 bulan terakhir sejak pandemi, menurut Aman, dokter anak tidak memiliki banyak kesempatan untuk merawat pasien cilik karena tidak meratanya testing pada anak. Alhasil, banyak anak positif Covid-19 yang tidak tertolong.

Aman menegaskan, ketika testing tidak merata, pandemi tidak akan bisa terselesaikan. Ia menyebut, dari dua juta kasus Covid-19, sebanyak 12,5 persennya adalah anak-anak atau sekitar 200 ribuan kasus.

"Kalau anak-anak telat terdeteksi Covid-19, kami tidak sempat menolong," ujar Aman.

Aman menyebut, berdasarkan data IDAI, dari seluruh anak yang meninggal akibat Covid-19, 50 persen di antaranya merupakan balita.

"Sebanyak 30 persen dari balita adalah bayi, sebagian lahir pada saat pandemi," kata Aman.

Selain terlambat dites, menurut Aman, risiko anak-anak untuk meninggal karena Covid-19 juga dipengaruhi oleh kondisi rumah sakit yang sudah melebihi kapasitas perawatan. Tempat tidur di rumah sakit pun tidak tersedia secara khusus untuk anak alias bercampur dengan dewasa.

Lebih lanjut, Aman menjelaskan, anak-anak yang meninggal umumnya memiliki komorbid, mulai dari malnutrisi, kanker, tuberkulosis, kelainan genetik, hingga penyakit jantung bawaan. Selama ini, anak-anak tersebut bisa saja selamat dari Covid-19 andaikan kasusnya terkonfirmasi lebih cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement