Senin 05 Jul 2021 16:31 WIB

Inggris Siap Longgarkan Pembatasan Sosial Covid-19

Pemakaian masker tak lagi wajib setelah langkah terakhir pelonggaran lockdown Inggris

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
 Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memegang sebotol vaksin Pfizer BioNTech saat mengunjungi pusat vaksinasi COVID-19 di Batley, West Yorkshire, Inggris, Senin, 1 Febru
Foto: AP/Jon Super/AP Pool
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memegang sebotol vaksin Pfizer BioNTech saat mengunjungi pusat vaksinasi COVID-19 di Batley, West Yorkshire, Inggris, Senin, 1 Febru

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Perdana Menteri Inggris Boris Johnson bersiap melonggarkan pembatasan sosial Covid-19 di negaranya. Panduan tentang jarak sosial, pemakaian masker, dan bekerja dari rumah bakal diterbitkan seiring dengan penerapan langkah terbaru.

 

Baca Juga

Johnson, dalam pernyataan yang dirilis kantornya pada Senin (5/7), memuji keberhasilan program vaksinasi. Menurutnya, hal itu membantu negaranya untuk keluar dari pembatasan sosial terketat yang pernah diterapkan dalam masa damai Inggris.  “Tapi saya harus menekankan bahwa pandemi belum berakhir dan kasus akan terus meningkat selama beberapa pekan mendatang,” kata Johnson.

 

Menurutnya, masyarakat memang harus beradaptasi untuk hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal demikian turut dilakukan terhadap flu. “Ketika kita mulai belajar hidup dengan virus ini, semua harus terus mengelola risiko dari Covid dengan hati-hati dan menerapkan penilaian saat menjalani hidup kita,” ujar Johnson.

 

Pada Ahad (4/7) lalu, Menteri Perumahan Inggris Robert Jenrick mengungkapkan pemakaian masker tak lagi wajib setelah langkah terakhir dalam pelonggaran karantina. “Kami akan lebih banyak beralih ke pendekatan di mana ada panduan, tapi Anda mengambil tanggung jawab pribadi tentang apa yang benar dilakukan untuk melindungi diri sendiri serta orang lain,” ucapnya.

Kasus Covid-19 di Inggris meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Varian Covid-19 Delta memiliki peran signifikan atas peningkatan tersebut. Inggris telah menunda pelonggaran pembatasan sosial selama empat pekan. Hal itu guna memungkinkan lebih banyak warga divaksinasi.

 

Data dari Public Health England menunjukkan, vaksin efektif dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap yang disebabkan varian Delta. Sejauh ini Inggris telah mencatatkan 4,9 juta kasus Covid-19 dengan korban meninggal mencapai 128 ribu jiwa.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement