Senin 05 Jul 2021 22:27 WIB

Keluarga Veteran Muslim Minta Dibangunkan Monumen

Sekitar 1,5 juta tentara Muslim India membela Inggris di Perang Dunia II.

Pasukan Inggris (ilustrasi)
Foto: WWII Today
Pasukan Inggris (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Abdul Qadus, ayah dari Fazal Hussain yang ikut membela Inggris di Perang Dunia Kedua telah meminta Dewan Kota Dudlet untuk membangun sebuah monumen untuk menghormati jasa 1,5 juta tentara Muslim yang membela Inggris.

Qadus, yang merupakan kandidat dari partai Demokrat pada pemilihan lokal ini, berharap monumen ini dibangun di Lye Cross atau Dudley Coronation Gardens sehingga dekat dengan monumen perang yang sudah dibangun sebelumnya.

Baca Juga

Qadus mengungkap, ayahnya merupakan kelahiran Rawalpindi, Pakistan, bergabung dengan Tentara Inggris-India pada tahun 1939. Pada perang di Burma, ayah Qadus ditangkap pasukan Jepang di Myanmar dan dibebaskan dalam kondisi memprihatinkan. Selanjutnya, ia pindah ke Inggris pada usia 40 tahun, tepatnya pada tahun 1962. Di Lye, Hussain bekerja di industri baja.

Qadus mengungkap, Dewan Wolverhamtpon yang merupakan tetangga Dudley baru-baru ini sejutu membangun monumen untuk menghormati tentara Sikh yang gugur. Karenanya, ia berharap ada monumen yang sama. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement