Selasa 06 Jul 2021 15:36 WIB

1.504 Pasien Covid-19 Jalani Isolasi di 8 Asrama Haji

Asrama haji di Surabaya jadi tempat yang paling banyak digunakan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) meresmikan Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala) di area Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (25/6).
Foto: Pemprov Jatim
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) meresmikan Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala) di area Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Jumat (25/6).

IHRAM.CO.ID, IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) mencatat hingga Senin terdapat 1.054 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di delapan asrama haji yang ada di Indonesia.

Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab mengatakan kedelapan asrama haji itu terletak di wilayah Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Semarang, Ambon, DI Yogyakarta, Gorontalo, dan Lombok.

“Siang ini, data kami mencatat ada 1.054 pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di asrama haji,” kata Saiful dalam keterangan tertulis, Senin (5/7). seperti dilansir Anadolu Agency.

Menurut dia, Asrama Haji Sukolilo di Surabaya menjadi tempat yang paling banyak digunakan sebagai isolasi, yakni 506 orang.

Mereka menempati 169 kamar dari 245 yang tersedia, kata dia.

“Masih ada 76 kamar di Surabaya. Mereka yang isolasi di asrama haji adalah pasien Covid-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala atau OTG,” ujar Saiful.

Kemudian, dia menuturkan bahwa Asrama Haji Balikpapan saat ini digunakan oleh 197 pasien yang melakukan isolasi. 

Dia menjelaskan Asrama Haji Pondok Gede Jakarta saat ini dihuni oleh 37 pasien Covid-19. 

Sedangkan asrama haji di Semarang ditempati 78 orang, Ambon 75 orang, DI Yogyakarta 69 orang, Gorontalo 57 orang, dan Lombok 35 orang, ujar dia.

“Sehingga total di delapan asrama haji ada 1.054 pasien," tutur Saiful.

Sebelumnya, Kemenag melakukan optimalisasi penggunaan asrama haji sebagai tempat penanganan pasien Covid-19.

Keputusan ini sesuai Instruksi Menteri Agama Nomor 3 tahun 2021 tentang Pemanfaatan Asrama Haji Sebagai Tempat Penanganan Pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) untuk Isolasi Mandiri dan/atau Keperluan Darurat Lainnya.

Kementerian tersebut juga menyiapkan delapan gedung Asrama Haji Pondok Gede untuk perawatan pasien Covid-19, tidak hanya ruang isolasi mandiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement