Rabu 07 Jul 2021 02:12 WIB

Waktu Terbaik untuk Bertobat menurut Alquran

Usai maksiat adalah salah satu waktu terbaik untuk bertobat.

Foto: republika
Waktu terbaik bertobat.

REPUBLIKA.CO.ID, Waktu Terbaik untuk Bertobat menurut Alquran

Ada beberapa waktu yang dinilai terbaik untuk memanjatkan doa dan tobat menurut Alquran. Ini tidak berarti bahwa pertobatan di luar waktu-waktu ini ditolak sama sekali

>Setelah ibadah

Memohon ampunan Allah SWT bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Akan tetapi, alangkah lebih baik bila tobat dilakukan setelah beribadah.

“Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan, dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya, Dia adalah Mahapenerima tobat.” (QS An-Nashr 1-3) 

>Usai maksiat

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.” (QS Ali Imran 135)

>Saat lengah atau lalai

Sering kali, diri kita lalai dari melaksanakan kewajiban sebagai orang beriman. Oleh karena itu, seyogianya kita selalu ingat untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

“Dan bertobatlah kalian semua kepada Allah wahai orang-orang yang beriman agar kalian beruntung.” (QS An-Nur 31)   

Penulis: Hasanul Rizqa

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement