Rabu 07 Jul 2021 15:54 WIB

Pasokan Oksigen di Kota Tasikmalaya Dipastikan Lancar

Para distributor oksigen diminta memprioritaskan pengiriman oksigen ke rumah sakit

Rep: Bayu Adji P/ Red: Esthi Maharani
Pegawai memindahkan tabung oksigen
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pegawai memindahkan tabung oksigen

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya memastikan pasokan oksigen untuk sejumlah rumah sakit masih lancar. Para distributor oksigen juga diminta memprioritaskan pengiriman oksigen ke rumah sakit.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, pihaknya sudah memantau langsung ke sejumlah distributor oksigen. Ia mengklaim, pasokan oksigen ke rumah sakit masih dalam kondisi aman.

"Para distributor juga telah siap memprioritaskan kebutugan oksigen di rumah sakit. Mereka juga siap siaga 24 jam," kata dia, Rabu (7/7).

Sebelumnya, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Titie Purwaningsari mengatakan, sejauh ini belum terdapat laporan pasien Covid-19 kekurangan oksigen. Namun, ia mengakui jumlah pasien Covid-19 yang perlu ditangani dengan oksigen semakin meningkat setiap harinya.

"Saya belum mendengar ada rumah sakit di Kota Tasikmalaya kehabisan oksigen, tapi memang kebutuhan meningkat," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Selasa (6/7).

Ia menyebutkan, secara keseluruhan, ketersediaan oksigen di seluruh faskes di Kota Tasikmalaya mencapai 7.838.095 liter. Sementara kebutuhan oksigen per harinya mencapai 1.854.115 liter untuk pasien Covid-19 dan 424.345 liter untuk pasien non-Covid-19.

Menurut dia, setidaknya hingga lima hari ke depan, kebutuhan oksigen masih akan tercukupi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) juga disebut siap membantu pasokan oksigen ke rumah sakit apabila dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement