Kamis 08 Jul 2021 03:15 WIB

ABM Investama Terapkan Prinsip Berkelanjutan

Operasional perusahaan dijalankan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan sosial.

Rep: Novita Intan/ Red: Satria K Yudha
PT ABM Investama Tbk (ABM)
Foto: ist
PT ABM Investama Tbk (ABM)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Perusahaan energi terintegrasi, PT ABM Investama Tbk, menjalankan bisnis dengan menerapkan prinsip berkelanjutan. Direktur ABM Haris Mustarto mengatakan, strategi keberlanjutan ABM berfokus pada praktik tambang berkelanjutan yang bertanggung jawab. 

Ia mengatakan, keberlanjutan merupakan kunci untuk menyediakan energi yang memberdayakan bagi masa depan. Perusahaan, kata dia, terus membenahi cara perusahaan dalam mencapai keberlanjutan, salah satunya dengan mengembangkan konsep sustainability house. 

 

“Kami berharap konsep tersebut bisa mewujudkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan mengoptimalkan pertambahan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (7/7).

 

Haris menjelaskan, konsep tersebut dijalankan dengan mengintegrasikan berbagai aspek, yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam operasional sehari-hari. Menurut dia, ini sejalan dengan dukungan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

 

Menurutnya, keberlanjutan merupakan kunci untuk menyediakan energi yang memberdayakan bagi masa depan. Tak hanya bagi pertumbuhan ekonomi, namun juga lingkungan dan masyarakat.

 

“Langkah yang dilakukan perusahaan adalah mengelola emisi gas rumah kaca (GRK) melalui pengendalian emisi, efisiensi energi, menjaga keanekaragaman hayati, pengelolaan limbah, serta pengelolaan air dan efluen,” ucapnya.

 

Dalam implementasinya, ABM mengadopsi standar Global Reporting Initiative (GRI) untuk mengungkap capaian-capaian keberlanjutan kepada seluruh pemangku kepentingannya. ABM telah menerbitkan laporan keberlanjutannya secara rutin sejak tahun buku 2017. 

 

Executive Director APBI Hendra Sinadia menyatakan, ABM Investama telah menerapkan prinsip keberlanjutan di berbagai aspek. 

 

“Upaya ABM Investama sebagai perusahaan energi terintegrasi dalam mendorong transparansi kepada publik terhadap kinerja perusahaan yang berkelanjutan perlu menjadi contoh dan motivasi bagi perusahaan lain,” ucapnya.

 

Selain itu, APBI memfasilitasi rangkaian dari kegiatan penerapan prinsip keberlanjutan setiap anggota sebagai bagian dari komitmen asosiasi . Tujuannya agar prinsip keberlanjutan dapat diterapkan seluruh ekosistem industri pertambangan batu bara. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement