Sentra Vaksinasi Agar Ditambah di Masa PPKM Darurat

Sentra vaksinasi diusulkan dibuat sampai tingkat desa hingga RT.

Kamis , 08 Jul 2021, 12:09 WIB
Kunjungan Wagub DKI ke sentra vaksinasi JIEP, Rabu (7/7).
Foto: Dok. Bumd
Kunjungan Wagub DKI ke sentra vaksinasi JIEP, Rabu (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), mendukung percepatan vaksinasi di Indonesia agar tercapai kekebalan komunitas di masyarakat. Untuk itu Cak Imin, meminta agar sentra vaksinasi ditambah. "Saya minta sentra vaksinasi ditambah. Jangan cuma di wilayah perkotaan, mentok-mentok di kecamatan," kata Cak Imin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/7).

Ia memahami bahwa langkah percepatan vaksinasi saat ini terhambat lantaran di saat bersamaan pemerintah tengah memberlakukan PPKM Darurat.

Ketua Timwas Penanggulangan Bencana Covid-19 DPR RI itu mengusulkan agar sentra vaksinasi dibuat sampai tingkat desa hingga RT. "Semakin dekat dengan warga semakin baik," ujarnya.

Wakil Ketua DPR itu juga mengimbau  masyarakat untuk tidak takut divaksin dan tetap mendatangi sentra-sentra vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengakui laju vaksinasi Covid-19 mengalami penurunan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali. Sebab meski sentra-sentra vaksinasi dibuka, namun masyarakat cenderung tidak berani mendatangi tempat tersebut.

"Karena kasus yang terus meningkat membuat masyarakat cenderung untuk di rumah seiring dengan pelaksanaan PPKM Darurat," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi, Rabu (7/7).