Jumat 09 Jul 2021 18:05 WIB

12 Ayat Alquran Ini Tegaskan Hanya Allah SWT Pemilik Hidayah

Allah SWT berik petunjuk bagi siapapun yang dikehendaki

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Allah SWT berik petunjuk bagi siapapun yang dikehendaki. Berdoa kepada Allah/ilustrasi
Allah SWT berik petunjuk bagi siapapun yang dikehendaki. Berdoa kepada Allah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Segala sesuatu yang terjadi di alam ini adalah atas kehendak Allah SWT. Tidak ada sesuatupun yang terjadi di luar kehendak-Nya. 

Allah memberikan petunjuk dan memudahkan seseorang beriman, bila orang itu mau memahami dan mengamalkan ayat-ayat yang telah disampaikan kepada para rasul-Nya. 

Baca Juga

Sebagai konsekuensi ketidakpercayaan, Allah memandang hina dan mengazab setiap orang yang tidak mau memahami dan mengamalkan ayat-ayat-Nya. Kendati demikian, urusan hidayah pada dasarnya adalah hak prerogatif Allah SWT. 

Mengutip Tafsir Alquran Al-Adhim, karya Ibnu Katsir, berikut ini 10 ayat yang menegaskan otoritas hidayah hanya ada pada Allah SWT:

Yunus ayat 99-100

وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ لآمَنَ مَنْ فِي الأرْضِ كُلُّهُمْ جَمِيعًا أَفَأَنْتَ تُكْرِهُ النَّاسَ حَتَّى يَكُونُوا مُؤْمِنِينَ (99) وَمَا كَانَ لِنَفْسٍ أَنْ تُؤْمِنَ إِلا بِإِذْنِ اللَّهِ وَيَجْعَلُ الرِّجْسَ عَلَى الَّذِينَ لَا يَعْقِلُونَ (100

“Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya? Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah, dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya."

Hai Muhammad, niscaya Dia mengizinkan seluruh penduduk bumi untuk beriman kepada apa yang disampaikan olehmu kepada mereka, lalu mereka beriman semuanya. Akan tetapi, hanya Allah-lah yang mengetahui hikmah dalam semua apa yang dilakukan-Nya. Pengertiannya semakna dengan ayat lain yang disebutkan melalui firmannya.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement