Jumat 09 Jul 2021 20:45 WIB

Malaysia Keluarkan Panduan Ibadah di Masjid

Otoritas Malaysia mengeluarkan panduan ibadah di masjid selama lockdown.

Masjid di Selangor, Malaysia
Foto: Malay Mail
Masjid di Selangor, Malaysia

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Otoritas Malaysia membatasi pelaksanaan sholat jamaah termasuk sholat Jumat di Malaysia. Selain itu, otoritas juga menganjurkan setiap masjid menggelar munajat usai sholat Magrib.

Aturan tersebut tertuang dalam Garis Panduan Pelaksanaan Aktifitas Keagamaan di Masjid dan Surau Wilayah-Wilayah Persekutuan dalam tempo Rencana Pemulihan Negara Berfase di Kuala Lumpur, Jumat (9/7).

Dalam panduan itu, selain warga negara Malaysia mereka yang diperbolehkan ke masjid adalah anak kariah (orang yang tinggal di masjid), beresiko rendah COVID-19 dalam aplikasi MySejahtera, tidak batuk dan sesak nafas, penduduk tetap dan biasa sholat di masjid, staf kedutaan dan petugas keamanan.

Untuk kawasan Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) atau total lockdown, sholat jumat dan Idul Adha di masjid wilayah persekutuan dibatasi hanya 40 orang, sholat wajib 100 orang sedangkan sholat jumat dan Idul Adha di surau dibatasi 50 orang dan sholat wajib 30 orang.

Sedangkan untuk kawasan PKP diperketat semua masjid dan surau hanya diperkenankan tiga orang untuk sholat wajib berjamaah saja.Kantor Agama Islam Wilayah Persekutuan Malaysia juga menghimbau agar warga usia lanjut dan anak-anak tidak dianjurkan ke masjid atau surau untuk semua aktivitas keagamaan sepanjang tempo PKP dan PKP Diperketatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement