Jumat 09 Jul 2021 22:23 WIB

Atlet Olimpiade Lithuania Positif Covid di Kamp Jepang

Atlet Olimpiade Lithuania positif Covid saat sudah masuk ke kamp pelatihan di Jepang

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Perahu berlayar melewati cincin Olimpiade raksasa dan Jembatan Pelangi di area tepi laut Taman Laut Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (2/4). Sejumlah landmark dari Jepang dihias dengan lampu-lampu yang menyala dalam rangka menyambut 100 hari sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo 2020. REUTERS/Kim Kyung-Hoon     SEARCH
Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Perahu berlayar melewati cincin Olimpiade raksasa dan Jembatan Pelangi di area tepi laut Taman Laut Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (2/4). Sejumlah landmark dari Jepang dihias dengan lampu-lampu yang menyala dalam rangka menyambut 100 hari sebelum dimulainya Olimpiade Tokyo 2020. REUTERS/Kim Kyung-Hoon SEARCH

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Seorang atlet dari Lithuania yang tiba di Jepang pekan ini untuk bertanding di Olimpiade Tokyo dinyatakan positif terpapar virus corona di Hiratsuka, yang menjadi tuan rumah kamp pra-pertandingan delegasi negara tersebut. Menurut pemerintah kota Hiratsuka, perenang putra berusia 30-an itu dinyatakan negatif saat tiba di bandara Haneda Tokyo, Rabu (7/7).

Akan tetapi tes reaksi berantai polimerase atau PCR yang dia lakukan pada hari berikutnya setelah berpergian ke Hiratsuka menyatakan positif. Dikutip dari Kyodo, Jumat (9/7), dengan dua pekan tersisa hingga pembukaan Olimpiade, para atlet dan ofisial dari berbagai negara telah berdatangan untuk mengikuti kamp pelatihan.

Baca Juga

Namun, kontrol perbatasan yang diberlakukan untuk mereka mendapat perhatian publik di tengah kekhawatiran terus-menerus bahwa Olimpiade dapat menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 lebih lanjut. Sebelum dinyatakan positif, atlet Lithuania tersebut berlatih di kolam renang pada Jumat pagi.

Menurut pemerintah kota tersebut, otoritas kesehatan sedang menentukan siapa saja yang melakukan kontak dekat dengan dia. Hiratsuka akan menjadi tuan rumah bagi total 63 atlet, pelatih, dan ofisial dari Lithuania hingga 5 Agustus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement