Sabtu 10 Jul 2021 05:05 WIB

RPH Kudus Layani Pemotongan Hewan Qurban Mulai Hari Kedua

Nantinya juga disiapkan petugas yang mengecek suhu tubuh setiap tamu.

RPH Kudus Layani Pemotongan Hewan Qurban Mulai Hari Kedua (ilustrasi).
Foto: Umarul Faruq/ANTARA
RPH Kudus Layani Pemotongan Hewan Qurban Mulai Hari Kedua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memastikan rumah pemotongan hewan (RPH) siap melayani pemotongan hewan kurban pada hari kedua dan ketiga Idul Adha1442 Hijriah, demi mencegah kerumunan di masing-masing tempat ibadah yang menyelenggarakan kurban.

"Karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berlangsung hingga tanggal 20 Juli 2021," kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Sunardi di Kudus, Jumat (9/7).

Ia mengakui sudah meninjau RPH di Desa Prambatan Kidul, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus hari ini di mana tempatnya sudah dibersihkan. Nantinya juga disiapkan petugas yang mengecek suhu tubuh setiap tamu, selain pula disiapkan petugas pemotongan hewan kurban.

Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan dan RPH Anton Cahyono menambahkan saat pemotongan hewan kurban di RPH akan ada pembatasan jumlah petugas, maksimal 10 orang guna menghindari kerumunan.

RPH modern di Desa Prambatan Kidul tersebut, dilengkapi kandang ternak dengan daya tampung 40 ekor hewan ternak, sedangkan kapasitas pemotongan hewan ternak per hari sekitar 25 ekor.

Fasilitas yang tersedia di RPH modern selain kandang ternak, juga instalasi pengolahan air limbah (ipal) serta alat pemotong hewan modern.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement