Senin 12 Jul 2021 17:22 WIB

Cara Bedakan Velg Orisinal dan Replika

Velg replika harganya lebih miring.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).
Foto: dok. HSR
HSR Wheel menghadirkan rangkaian produk velg terbaru bernama Boroko Series yang hadir dengan gaya khas Japan Domestic Market (JDM).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian pengguna mobil melakukan penggantian velg atas pertimbangan tertentu. Di pasaran, pengendara ditawarkan dengan velg yang harganya beragam.

Beberapa velg tertentu pun ditawarkan dengan harga puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Hal ini pun mendorong hadirnya velg replika yang ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Baca Juga

Agar pengendara dapat memilih velg dengan lebih jeli, HSR Wheel pun membagikan tips dalam membedakan velg orisinal (ori) dan replika. Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya mengatakan, velg replika sendiri merupakan velg yang dihadirkan lewat duplikasi dari velg ori.

"Velg replika juga biasa disebut velg TW. Kata TW sendiri merupakan singkatan dari Taiwan, di mana negara tersebut memang dikenal sebagai negara pembuat velg replika," kata Hendra dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Senin (12/7).

Karena dihadirkan lewat duplikasi dan tak perlu ada anggaran pengembangan desain, maka velg replika dan TW bisa hadir dengan harga yang lebih miring. Selain itu, lanjut dia, velg replika juga biasanya mengorbankan aspek bahan, proses produksi dan quality control.

"Finishing-nya juga biasanya tidak rapi jika dibandingkan dengan velg ori," ucapnya. Berdasarkan sejumlah hal itu, ia menyarankan agar pengendara lebih memilih velg orisinal. Mengingat, biasanya velg orisinal juga telah lolos sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), Japan Light Alloy Wheel (JWL) dan Vehicle Inspection Association (VIA).

Menurut dia, harga velg orisinal memang relatif lebih mahal karena produk tersebut dihadirkan dengan build quality yang terjamin karena pengembanganya dilakukan lewat riset bahan dan pengujian kekuatan. Apalagi, velg ori dihadirkan dengan desain, nama dan logo dibuat oleh brand itu sendiri.

Komponen yang menyangkut keamanan berkendara ada baiknya jangan diganti asal-asalan. Walaupun setelah itu mobil akan tampil keren, tetap saja percuma jika mengorbankan sisi keamanan.

"Bahkan hal tersebut akan membuat kerugian yang lebih besar untuk ke depannya karena velg itu salah satu komponen yang menunjang keamanan dan keselamatan penumpang di dalam mobil. Makanya proses pembuatan velg tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan secara matang,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement