Senin 12 Jul 2021 22:40 WIB

Wapres: Suasana Kita Sudah Cukup Genting

Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mengajak semua pihak cegah penyebaran covid-19.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agung Sasongko
Wakil Presiden Maruf Amin bersiap melaksanakan Sholat Idulfitri Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta, pada Kamis (13/5).
Foto: istimewa
Wakil Presiden Maruf Amin bersiap melaksanakan Sholat Idulfitri Pendopo Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2 Jakarta, pada Kamis (13/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali mengajak semua pihak, termasuk para ulama dan kiai untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 secara berlanjut. Ini karena, penambahan kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak.

"Suasana kita sudah cukup genting, hari ini, kemarin, kita termasuk paling tinggi yang tertular di dunia dari 22 negara yang meninggal juga paling tingg, itu dirilis secara internasional, sudah, apa kita tidak punya rasa," ujar Wapres saat bertemu terbatas dengan ulama dan tokoh Islam di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (12/7).

Baca Juga

Wapres mengingatkan, penanggulangan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah, tetapi juga kerja bersama semua masyarakat. Khususnya, dalam menerapkan protokol kesehatan, mematuhi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, dan melaksanakan vaksinasi.

Dalam kesempatan itu, Wapres berharap peran ulama dan kiai untuk mengingatkan masyarakat mematuhi imbauan Pemerintah dalam pelaksanaan PPKM Darurat.

"Ini apa kita tidak merasa punya tanggung jawab terhadap hal yang demikian besar yang sudah banyak membawa orang menderita, oleh karena itu kita ajak masyarakat untuk mengikuti ajakan Pemerintah," ujar Kiai Ma'ruf.

Kiai Ma'ruf menambahkan, salah satunya, adalah mencegah kerumunan di Hari Raya Idul Adha pada 20 Juli mendatang. Sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat Kementerian Agama melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 mengenai teknis pelaksanaan Hari Raya Idul Adha (kurban) tahun 2021.

"Jangan melakukan kerumunan termasuk salah satunya merayakan Idul Adha, baik di masjid maupun di luar masjid," kata Ma'ruf.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement