Selasa 13 Jul 2021 16:55 WIB

Israel-Palestina: Masjid Landmark Jaffa Dirusak

Salah satu jendela masjid Hassan Bek pecah

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Tel Aviv, Israel.
Foto: tripomatic.com
Masjid di Tel Aviv, Israel.

IHRAM.CO.ID, TEL AVIV -- Sebuah masjid Hassan Bek, di tengara di kota kuno Jaffa, sekarang bagian dari Tel Aviv di Israel telah dirusak. Imam Masjid membagikan video di Facebook yang menunjukkan kerusakan masjid yang ditemukan pada Kamis pagi menjelang sholat Subuh.

Video menunjukkan salah satu jendela pecah dan kerusakan kecil pada karpet. Menurut imam masjid, Ahmed Abu Ajweh, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa itu.

Dilansir dari Middle East Eye, Selasa (13/7), masjid Hassan Bek, yang terletak di lingkungan Manshiyya di Jaffa Palestina yang bersejarah, telah menjadi sasaran serangan di masa lalu. Pada 2018, seorang laki-laki yang meneriakkan cercaan anti-Muslim melemparkan botol kaca berisi zat yang tidak dikenal ke arah masjid.

Imam mengatakan kepada situs berita lokal Arab48, bahwa sementara tidak ada korban luka yang dilaporkan, seraya menambahkan, bahwa serangan itu bukan yang pertama kali.

Dalam beberapa bulan terakhir, warga Palestina Israel yang tinggal di Jaffa telah menghadapi ancaman penggusuran, yang memicu ketegangan di wilayah pesisir. Para pengunjuk rasa Palestina diserang pada April lalu oleh polisi dan pengikut Rabbi Eliyahu Mali, kepala sinagoga militan di Jaffa yang berusaha untuk mengambil alih properti Palestina di daerah tersebut.

Sami Abu Shehadeh, anggota Knesset dari Joint List yang mewakili warga Palestina Israel, mengatakan kepada Middle East Eye pada saat itu bahwa pertengkaran dimulai setelah pendukung Mali memasuki lingkungan al-Ajami di Jaffa dan mulai berbaris secara provokatif.

“Pada saat itu, orang-orang keluar dari shalat tarawih Ramadhan dan diserang oleh pemukim, dan polisi Israel bergabung untuk menyerang mereka alih-alih menghentikan pemukim,” kata Abu Shehadeh.

Rabbi Mali adalah kepala "Settling in the Hearts", sebuah proyek perluasan pemukiman Israel yang mendorong pendirian pos-pos terdepan Yahudi-Israel di tengah kota-kota dan lingkungan mayoritas Palestina di Yerusalem Timur dan Israel yang diduduki, serta di menduduki Tepi Barat. Pemukiman dan pos-pos di wilayah pendudukan melanggar hukum internasional.

Jaffa pernah menjadi pusat ekonomi Palestina, dengan sekitar 120 ribu orang tinggal di dalam dan sekitar kota berkembang di Laut Mediterania pada 1948. Hampir 95 persen penduduk Palestina di Jaffa dan desa-desa sekitarnya diusir oleh milisi Zionis selama Nakba atau malapetaka tahun itu, yang mengarah pada pembentukan negara Israel.

Selama beberapa dekade, lingkungan bersejarah Jaffa telah semakin dihancurkan, menyebabkan kota menyusut menjadi kota kecil yang kemudian diserap oleh kotamadya Tel Aviv.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement