Rabu 14 Jul 2021 13:28 WIB

Komunitas Muslim Bangun Masjid Pertama di Cumbria

Komunitas Muslim di South Cumbria County, Inggris akan miliki masjid pertama

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Masjid di South Cumbria County, Inggris
Foto: About Islam
Masjid di South Cumbria County, Inggris

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Komunitas Muslim di South Cumbria County, Inggris Barat Laut sekarang semakin dekat untuk mewujudkan impian masjid pertama mereka. South Lakes Islamic Center (SLIC) akan menyerahkan rencana pembangunan masjid kepada Dewan Borough Barrow dalam beberapa bulan kedepan.

Rencana tersebut pertama kali diajukan pada tahun 2019. Namun, pandemi Covid-19 menyebabkan gangguan yang tidak terduga. Sekarang SLIC percaya rumah ibadah baru di Crooklands Brow adalah lokasi yang strategis bagi penduduk Muslim setempat dengan Rumah Sakit Umum Furness hanya beberapa mil jauhnya.

“Kami idealnya ingin dekat dengan Rumah Sakit Umum Furness tapi tidak dapat menemukan tanah yang sesuai dan karenanya Dalton menjadi pilihan terbaik berikutnya, meliputi Askam, Ulverston, Lindal, Urswick, dan Greenodd,” kata juru bicara SLIC kepada The Mail.

Dia menyebut Rumah Sakit Umum Furness saat ini memiliki 40-50 dokter Muslim yang praktik. Ditambah tambahan keluarga profesional, komunitas bisnis, dan perdagangan lainnya yang akan membutuhkan fasilitas shalat, pemakaman, pengajaran, dan komunitas dasar.

“Sekarang masjid terdekat adalah Lancaster yang berjarak 50 mil dan karena kurangnya fasilitas dasar, kami melihat tingkatan besar di antara keluarga Muslim yang pergi ke kota lain yang lebih mapan,” tambahnya.

Dilansir About Islam, Rabu (14/7), menurut SLIC, pusat ini juga akan membantu mengembangkan komunitas South Lakes yang lebih beragam dan bersatu.

“Orang-orang dari komunitas lain dapat datang dan mengamati tentang agama Islam dan kekayaan keragaman dan budaya yang dibawanya ke daerah tersebut. Ini akan mempromosikan rasa pelayanan masyarakat di dalam diri umat Islam dengan menggunakan pusat,” ujar juru bicara.

Cumbria adalah daerah seremonial dan non-metropolitan di Inggris Barat Laut. Wilayah ini muncul pada tahun 1974 setelah pengesahan Undang-Undang Pemerintah Daerah 1972. Islam, tidak seperti di sebagian besar wilayah Inggris, bukanlah agama paling umum kedua di Cumbria. Pada tahun 2001, 747 orang menganut agama tersebut (hampir 0,2 persen dari populasi Cumbria) dengan Muslim terbesar ditemukan di Carlisle, Barrow, dan Kendal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement