Rabu 14 Jul 2021 16:46 WIB

Polres Karanganyar Ronda Masker Ajak Warga Patuh Prokes

Ronda masker juga dilaksanakan di jalanan pusat kota Karanganyar.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas kepolisian memakaikan masker ke pengendara untuk menekan penularan COVID-19.
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Petugas kepolisian memakaikan masker ke pengendara untuk menekan penularan COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Sat Binmas Polres Karanganyar, Jawa Tengah, menggelar ronda masker (roker) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Ronda masker digelar menyusuri kampung-kampung pada Rabu (14/7).

Seperti layaknya ronda pada umumnya, dalam ronda masker tersebut sejumlah personel Sat Binmas membawa kentongan. Para personel menyusuri jalanan dengan berjalan kaki sambil membunyikan kentongan. Mereka menyuarakan ajakan memakai masker dengan lantunan lagu berbahasa Jawa.

Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Karanganyar, Ipda M Ilyas mengatakan, roker merupakan terobosan Polres Karanganyar yang dibentuk pada awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Roker atau ronda masker dibentuk Polres Karanganyar bersinergi dengan tiga pilar dan juga organisasi masyarakat Kabupaten Karanganyar yang memberikan edukasi-edukasi terkait dengan protokol kesehatan di masyarakat untuk senantiasa mematuhi prokes," terang M Ilyas kepada wartawan.

Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, sasaran roker dikhususkan di perkampungan dan desa-desa yang banyak warganya melakukan isolasi mandiri (isoman) lantaran terpapar Covid-19. Selain itu, roker juga dilaksanakan di jalanan pusat kota di Karanganyar.

"Roker dilaksanakan sampai dengan virus ini hilang. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk taat, tertib, dan disiplin untuk senantiasa melaksanakan prokes," imbuh Ilyas.

Dalam kegiatan ronda masker tersebut, Sat Binmas Polres Karanganyar sekaligus menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada warga yang isolasi mandiri lantaran terpapar Covid-19 maupun warga yang terdampak PPKM Darurat. Bantuan yang diberikan antara lain masker dan beras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement