Rabu 14 Jul 2021 22:49 WIB

Kendaraan Dinas OPD Pemkot Surabaya Jadi Mobil Jenazah

Ada 14 unit kendaraan dinas operasional OPD yang dipakai untuk mobil jenazah

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memodifikasi kendaraan dinas milik beberapa Perangkat Daerah (PD) menjadi mobil jenazah.
Foto: Dok. Humas Pemkot Surabaya
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memodifikasi kendaraan dinas milik beberapa Perangkat Daerah (PD) menjadi mobil jenazah.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menambah kapasitas pelayanan kedaruratan kepada warganya. Salah satunya dengan memodifikasi kendaraan dinas milik organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Surabaya menjadi mobil jenazah.

"Sudah jadi, mobil dinas sudah jadi mobil jenazah. Makanya kami buka puskesmas 24 jam karena mobilnya sudah banyak," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (14/7).

Baca Juga

Eri mengaku akan semaksimal mungkin untuk menambah kapasitas layanan kedaruratan bagi warganya. Apalagi, mobil jenazah yang dimiliki Pemkot Surabaya saat ini jumlahnya juga terbatas. "Yang sudah ada sekitar 14 unit mobil. Kami targetkan sekitar 30 unit, nanti akan ditambah lagi. Kalau perlu tambah, ya tambah lagi," ujarnya.

Kepala Bagian Layanan Pengadaan dan Pengelolaan Aset Kota Surabaya Noer Oemarijati menjelaskan saat ini ada 14 kendaraan dinas yang telah dimodifikasi kegunaannya untuk mobil jenazah. Kendaraan tersebut sebelumnya merupakan mobil operasional yang dimiliki beberapa OPD di lingkup Pemkot Surabaya.

"Ada 14 unit kendaraan dinas operasional PD yang dipakai untuk mobil jenazah. Jadi ada beberapa mobil OPD yang kami pakai," katanya.

Meski demikian, Noer menyebut kendaraan dinas yang digunakan mobil jenazah ini ada spesifikasinya. Salah satunya adalah kondisi kendaraan yang digunakan harus layak jalan. "Karena OPD yang punya kendaraan Panther itu memang kondisinya layak dipakai untuk mobil jenazah," ternag Noer.

Ia mengatakan mobil tersebut digunakan sebagai kendaraan operasional kegiatan. Misalnya, mobil milik Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Surabaya yang sebelumnya digunakan untuk operasional di lapangan.

"Ini dulunya merupakan kendaraan operasional. Jadi memang untuk teman-teman melakukan kegiatan di lapangan," katanya.

Noer menyatakan saat ini masih melakukan pengecekan unit kendaraan lain milik OPD yang dapat digunakan untuk penambahan armada mobil jenazah. Ia menargetkan setidaknya ada 30 unit mobil jenazah yang disiapkan untuk mendukung layanan kedaruratan di Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement