Kamis 15 Jul 2021 11:40 WIB

Jalur Mataf Diatur Ulang, Tampung Lebih Banyak Jamaah Haji

Mataf diatur slang sebagai persikan haji

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Subarkah
Suasana jamaah umroh melakukan tawaf di Mataf .
Foto: Muhammad Subarkah
Suasana jamaah umroh melakukan tawaf di Mataf .

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci mengatur ulang jalur khusus untuk melakukan tawaf. Mereka menempatkan stiker lantai baru, sebagai tanda jarak pada mataf (area melingkar di sekitar Ka'bah).

Upaya kepresidenan mengatur ulang jalur ini merupakan bagian dari persiapan Saudi dalam menyambut ibadah haji mendatang.

 

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (15/7), penataan kembali dilakukan dengan cara memastikan jarak fisik yang diperlukan antara setiap peziarah. Hal ini sesuai dengan langkah-langkah pencegahan dan protokol kesehatan untuk membendung penyebaran Covid-19.

 

Total ada 25 lintasan khusus melingkar di mataf. Selain itu, tersedia pula empat lintasan di lantai dasar dan lima lintasan di lantai satu gedung mataf. Upaya ini juga dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah jamaah haji yang diharapkan.

 

Diwakili oleh Departemen Umum Kerumunan dan Pengelompokan, kepresidenan disebut telah menyelesaikan pekerjaan menghapus stiker lama dan menempatkan yang baru, untuk memfasilitasi pergerakan jamaah selama mengelilingi Ka'bah.

 

Adapun trek khusus telah dipersiapkan bagi jamaah yang menggunakan kursi roda orang tua, serta orang-orang dengan kebutuhan khusus.

 

Direktur Departemen Umum Kerumunan dan Pengelompokan di Masjidil Haram, Osama Al-Hujaili, mengatakan stiker juga ditempatkan untuk memfasilitasi para peziarah dalam melakukan shalat sunnah dua rakaat setelah tawaf. Stiker ini juga ada di area sholat ekspansi Raja Fahd.

 

Al-Hujaili mengatakan melalui prosedur jarak fisik ini, departemennya berusaha untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan peziarah.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement