Sana'a Kota Tua yang Menganggumkan

Kamis , 15 Jul 2021, 12:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Salah satu sudut Kota Sanaa di Yaman
Salah satu sudut Kota Sanaa di Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Sana'a merupakan kota kuno  yang mengagumkan di Arab Selatan dengan arsitektur yang unik dan  penduduk yang ramah. Di masa lalu, Sana'a merupakan kota utama kuno yang dihuni oleh dinasti Saba sejak abad ketujuh sebelum Masehi (SM).

 

Terkait

 

Baca Juga

Sana'a atau San'a atau Sanaa berarti ''tempat pertahanan''. Sana'a terletak di jantung dataran tinggi Yaman yang dikelilingi beberapa gunung, misalnya Jabal Nuqum and Aiban dengan ketinggian 2.200 meter. Sana'a  terletak sekitar 370 km di sebelah utara Aden.

 

Sana'a merupakan pusat perdagangan di Arab Selatan.  Pasar yang diadakan di Sana'a di masa kuno terjadi pada sepuluh sampai akhir bulan Ramadhan. Pasar Bab al-Yemen (Pasar Garam) merupakan pasar kuno di kota Sana'a yang telah berusia 1.000 tahun. Pasar yang mengagumkan dari kota tua  tersebut menjajakan berbagai produk yang dibedakan menjadi kurang lebih  40 jenis produk kerajinan dan perdagangan, misalnya rempah rempah,  sayur-sayuran, jagung, tembikar, damar, tembaga, kerajinan kayu dan pakaian.

Selain kerajaan  Saba di wilayah Arab Selatan kuno adalah kerajaan Minea. Sejak 115 SM  wilayah tersebut jatuh di tangan suku Himyar, yang berasal dari dataran  tinggi sebelah barat daya dan Himyar memindahkan ibukota Ma'rib menjadi  Zhafar, sekitar 160 km timur laut Mukha di atas jalan menuju Sana'a.