Jumat 16 Jul 2021 10:05 WIB

Los Angeles Kembali Wajibkan Pemakaian Masker

Kewajiban pemakaian masker untuk menekan penyebaran Covid-19 Delta

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Masker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Masker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Los Angeles County akan menerapkan kembali kewajiban untuk mengenakan masker, mulai Sabtu (17/7). Pemberlakuan kewajiban pakai masker sebagai upaya untuk menekan penyebaran varian Delta yang penularannya sangat cepat.

Los Angeles adalah salah satu dari beberapa wilayah yang merekomendasikan atau mengamanatkan pemakaian masker dalam beberapa hari terakhir. Los Angeles mencatat peningkatan kasus Covid-19 ke tingkat yang mengkhawatirkan.

Baca Juga

"Kami mewajibkan masker untuk semua orang saat berada di dalam ruangan, di tempat umum dan bisnis, terlepas dari status vaksinasi sehingga kami dapat menghentikan peningkatan penularan," kata Departemen Kesehatan Masyarakat Los Angeles County.

Selama enam hari berturut-turut, Los Angeles County mencatat lebih dari 1.000 kasus baru Covid-19. Sementara hampir 400 orang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 pada Rabu (14/7). Jumlah tersebut naik 275 dari minggu sebelumnya.  

Lebih dari 1.500 infeksi baru dilaporkan pada Kamis (15/7). Los Angeles County telah menjadi tempat penularan substansial berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). Kewajiban penggunaan masker juga diterapkan di Kalifornia  dan negara bagian lain. 

Sacramento dan Fresno Counties di California merekomendasikan agar masker dipakai di dalam ruangan, bahkan oleh orang-orang yang divaksinasi. Sementara Austin, Texas juga mendesak orang-orang yang tidak divaksinasi atau berisiko tinggi untuk menghindari perjalanan, pertemuan di dalam ruangan, makan di luar dan berbelanja, serta wajib memakai masker.

Awal pekan ini, Yolo County di Kalifornia juga merekomendasikan penggunaan masker di dalam ruangan. Sementara di Springfield, Missouri, anak-anak dan guru diharuskan memakai masker selama sekolah musim panas.

"Semua orang, termasuk mereka yang divaksinasi, harus waspada terhadap situasi berisiko tinggi termasuk berada di dalam ruangan, di keramaian, dan di sekitar individu yang tidak divaksinasi dan membuka kedok dan mempertimbangkan untuk mengenakan penutup wajah dalam pengaturan ini," kata Dokter Kesehatan Masyarakat Fresno County, Zweifler.

Berdasarkan data dari CDC, tingkat tinggi penularan virus corona terjadi di banyak negara bagian, termasuk Missouri, Mississippi, Florida, Nevada, dan Utah. Para pejabat kesehatan mendesak warga untuk vaksinasi.  

"Perlindungan terbaik kami terhadap Covid-19 adalah vaksin,” kata Petugas Kesehatan Masyarakat Sacramento County, Olivia Kasirye. “Kami mendesak semua penduduk yang memenuhi syarat untuk divaksinasi untuk melindungi diri mereka sendiri, dan keluarga serta teman-teman mereka," ujarnya. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement