Jumat 16 Jul 2021 12:16 WIB

Israel Tangkap Puluhan Mahasiswa Palestina di Turmus Ayya

Tentara Israel mengatakan telah menangkap antara 20 dan 30 siswa di Turmus Ayya

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
 Satuan tentara Israel menghancurkan rumah warga Palestina di desa Turmus Ayya, Tepi Barat, utara Ramallah
Foto: AP/Nasser Nasser
Satuan tentara Israel menghancurkan rumah warga Palestina di desa Turmus Ayya, Tepi Barat, utara Ramallah

IHRAM.CO.ID, TURMUS AYYA – Tentara Israel telah menangkap puluhan mahasiswa Palestina atas tuduhan terlibat operasi dengan kelompok Hamas. Menurut laporan, tentara Israel mengatakan telah menangkap antara 20 dan 30 siswa di Turmus Ayya, desa di utara Tepi Barat yang diduduki pada Rabu lalu.

Para mahasiswa dari Universitas Birzeit dekat Ramallah, ditangkap dalam perjalanan pulang mereka. “Beberapa operasi yang ditangkap terlibat langsung dalam kegiatan teror, termasuk transfer uang, hasutan, dan organisasi kegiatan Hamas di Tepi Barat,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan.

Mereka ditahan dalam operasi gabungan yang melibatkan tentara, polisi, dan badan keamanan domestik Shin Bet.

Menanggapi ini, Universitas Birzeit mengutuk penangkapan tersebut. Pihaknya menyuarakan keprihatinan atas nasib mahasiswanya dan mengutuk penangkapan itu sebagai bagian dari kebijakan sistematis yang bertentangan.

 

“Ini merupakan bagian dari kebijakan sistematis yang bertentangan dengan semua hukum dan norma internasional yang menjamin hak mahasiswa untuk beraksi,” kata pihak Universitas Birzeit dalam sebuah pernyataan, dilansir TRT World, Jumat (16/7).

“Universitas meminta masyarakat internasional untuk segera campur tangan untuk mengamankan pembebasan mereka,” tambahnya.

Sumber-sumber Palestina mengatakan beberapa siswa diharapkan akan segera dibebaskan tetapi yang lain menghadapi penahanan yang berkepanjangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement