Malaysia Pertahankan Posisi Teratas Liburan Ramah Muslim

Jumat , 16 Jul 2021, 16:13 WIB Reporter :Puti Almas/ Redaktur : Ani Nursalikah
Malaysia Pertahankan Posisi Teratas Liburan Ramah Muslim. Muslim Malaysia menjaga jarak sosial dan mengenakan masker pelindung wajah saat mereka menunggu berbuka puasa di depan masjid di taman umum di Shah Alam, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, 25 April 2021.
Malaysia Pertahankan Posisi Teratas Liburan Ramah Muslim. Muslim Malaysia menjaga jarak sosial dan mengenakan masker pelindung wajah saat mereka menunggu berbuka puasa di depan masjid di taman umum di Shah Alam, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, 25 April 2021.

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia mempertahankan posisi teratas sebagai negara dalam daftar tujuan liburan paling ramah untuk wisatawan Muslim versi MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2021.

 

Terkait

Malaysia tetap menjadi tujuan peringkat teratas di GMTI 2020 sejak peluncuran daftar tersebut pada 2015. Daftar ini menjadi pemantau kinerja secara menyeluruh pasar perjalanan Muslim.

Baca Juga

Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia Datuk Seri Nancy Shukri dalam pidato di Halal In Travel Global Summit 2021 mengatakan Malaysia tetap sepenuhnya mendukung dan berkomitmen lebih mengembangkan segmen perjalanan ramah Muslim. Pasar perjalanan Muslim telah menjadi semakin signifikan bagi pasar pariwisata global.

Ia juga mencatat peran kunci dari Islamic Tourism Center (ITC), sebagai entitas di bawah Motac yang bertanggungjawab atas urusan terkait pariwisata Islam. Secara khusus, Motac bertanggungjawab atas urusan penelitian dan pelatihan pariwisata Islam sebagai kontribusi terhadap pengakuan tersebut.

Keterlibatan ITC di tingkat regional dan internasional juga termasuk menjadi ketua beberapa komite untuk menetapkan pedoman dan standar layanan pariwisata Ramah Muslim. Shukri mengatakan salah satu upaya ITC adalah program Pengakuan Akomodasi Ramah Muslim (MFAR) yang mengakui hotel dan resor yang memenuhi kebutuhan pasar turis Muslim dan hingga saat ini.

Total 44 hotel di negara ini telah diakui oleh ITC di bawah MFAR program. Laporan GMTI 2021 memberi peringkat 140 tujuan pada kesiapan untuk menarik pasar perjalanan Muslim selama pandemi virus corona jenis baru (COVID-19). Ini termasuk dengan mempertimbangkan faktor-faktor utama termasuk kemudahan akses, lingkungan, dan layanan yang disediakan oleh tujuan perjalanan.

https://www.malaymail.com/news/malaysia/2021/07/14/malaysia-maintains-top-ranked-position-in-global-muslim-travel-index-2021-s/1989922

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini