Jamaah Haji Bertahap Menuju Makkah

Sabtu , 17 Jul 2021, 09:51 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Subarkah
Haji masa pandemi
Haji masa pandemi

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji secara bertahap mulai tiba di kota suci Muslim, Makkah, Sabtu (17/7). Musim haji tahun ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19 dan hanya diizinkan bagi masyarakat Saudi yang sudah melakukan vaksinasi.

 

Terkait

Dilansir di Daily Mail, Sabtu (17/7), Kerajaan berusaha mengulangi kesuksesan tahun lalu, dimana tidak ditemukan kasus Covid-19 selama ritual tahunan lima hari. 

Kali ini, Saudi memberikan izin bagi 60.000 penduduk, lebih banyak dibanding tahun lalu. Ritual keagamaan tahunan ini akan dimulai pada Ahad (18/7).

Salah satu jamaah yang terpilih adalah seorang kontraktor minyak India berusia 58 tahun yang berbasis di kota timur Dammam, Ameen. Ia terpilih melaksanakan haji bersama istri dan tiga anaknya yang sudah dewasa.

"Kami sangat senang. Begitu banyak teman dan kerabat kami yang ditolak saat mendaftar," kata dia.

Para pekerja di Masjidil Haram terlihat sedang melakukan disinfeksi di sekitaran area masjid dan Ka'bah. Proses ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi sebelum dimulainya haji 2021.

Nantinya, jamaah haji akan dibagi dalam kelompok yang berisikan 20 orang. Wakil Menteri Haji, Mohammad al-Bijawi, menyebut pengelompokan dilakukan untuk membatasi paparan infeksi.

Awal bulan ini, Kementerian Haji mengatakan sedang mengerjakan program tindakan pencegahan kesehatan tingkat tertinggi. Hal tersebut dilakukan sehubungan dengan pandemi dan munculnya varian baru.

"Saya merasa seperti memenangkan lotre. Ini adalah momen spesial yang tak terlupakan dalam hidup seseorang," kata salah satu jamaah yang terpilih, Mohammed El Eter.

Pria yang bekerja sebagai apoteker asal Mesir ini menyebut ia merasa berterima kasih kepada Allah SWT telah diberikan kesempatan berhaji tahun ini. Ia merasa bersyukur bisa terpilih dari ratusan ribu pelamar. 

https://www.dailymail.co.uk/wires/afp/article-9797205/Pilgrims-head-Mecca-2nd-pandemic-hajj.html

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini