Ahad 18 Jul 2021 10:54 WIB

Warga Cirebon Diimbau Sholat Idul Adha dan Takbiran di Rumah

Peniadaan peribadatan berlaku untuk seluruh umat beragama, termasuk non muslim.

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad
Masjid at Taqwa Kota Cirebon
Foto: Republika/Lilis Handayani
Masjid at Taqwa Kota Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Umat Islam di Kota Cirebon diimbau untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah. Hal itu untuk menghindari penularan Covid-19 yang kini masih melonjak.Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cirebon, Moh Ahsan.

Dia mengajak umat Islam di Kota Cirebon untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga inti, sebagaimana imbauan pemerintah. ‘’Selain sholat Idul Adha, takbiran pada malam lebaran pun di rumah saja bersama keluarga inti,’’ kata Ahsan, akhir pekan kemarin.

Ahsan menjelaskan, pelaksanaan sholat Idul Adha di rumah itu sesuai dengan SE Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H/2021 M di Wilayah PPKM Darurat.‘’Di Kota Cirebon kemudian ditindaklanjuti oleh SE Wali Kota. Kemenag pun telah menyebarkan SE tersebut kepada seluruh penyuluh agama yang berada dibawah Kemenag. Kita harap aturan ini bisa dilaksanakan dengan baik,’’ terang Ahsan.

Ahsan mengatakan, peniadaan sementara peribadatan itu tak hanya berlaku bagi umat Islam yang akan menjalani Idul Adha. Namun juga bagi warga non muslim. Hal senada diungkapkan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon, yang juga mengimbau masyarakat Kota Cirebon untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah masing-masing.‘’Masyarakat diimbau untuk menjalankan ibadah di rumah untuk menghindari penularan Covid-19,’’ tukas Sekretaris PD DMI Kota Cirebon, Didi Sunardi.

Didi berharap, masyarakat bisa menaati aturan tersebut. Hal itu demi kebaikan bersama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.‘’Kami minta seluruh pengurus masjid menaati karena ini salah satu upaya pemerintah demi menyelamatkan masyarakat dari wabah Covid-19,’’ kata Didi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement