Langkah yang Harus Diikuti Jamaah Haji

Senin , 19 Jul 2021, 05:55 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Tawaf Qudum. Ilustrasi
Tawaf Qudum. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Ibadah Haji telah dimulai pada Sabtu (17/7), dengan ribuan Muslim di seluruh Arab Saudi berbondong-bondong menuju Makkah. Pelaksanaan ibadah haji tahun ini, dilakukan di bawah tindakan pencegahan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

 

Terkait

Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan 60 ribu orang yang diperkenankan melakukan haji. Jamaah pun harus sudah mengantongi sertifikat vaksinasi dengan dosis lengkap sebelum datang ke Makkah.  

Dilansir dari Alarabiya, Ahad (18/7), berikut adalah langkah-langkah dan ritual yang harus dilakukan semua jamaah untuk menyelesaikan haji mereka:

1. Saat jamaah tiba di Makkah, mereka akan melakukan tawaf atau berjalan mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali, atau disebut juga tawaf kedatangan.

2. Jamaah haji diminta untuk mematuhi langkah-langkah jarak sosial dan selalu memakai masker.

3. Jamaah kemudian melanjutkan sholat di dalam Masjidil Haram di dekat Ka'bah dan minum air Zamzam. Robot kecil akan berkeliling di sekitar halaman Ka'bah untuk memberikan air Zamzam dalam kemasan botol kepada para jamaah.

4. Muslim percaya bahwa Zamzam adalah sumber air yang muncul secara ajaib, yang muncul ribuan tahun yang lalu ketika putra Ibrahim, Nabi Ismail, ditinggalkan bersama ibunya Hajar di padang pasir. Setelah putus asa mencari air untuk menghilangkan dahaga mereka, Allah membuat mata air keluar dari tanah, dan itu tetap ada sampai hari ini. "Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” kata Bader al-Loqmani, yang mengelola air dari mata air Zamzam.

“Sekitar 20 robot tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji,” kata al-Loqmani.

5. Setelah meminum air Zamzam, jamaah kemudian akan pindah ke bukit Safa dan Marwah di dekat Ka'bah. Di sana, mereka akan berjalan atau berlari tujuh kali di antara kedua bukit tersebut, meniru apa yang dilakukan oleh siti Hajar saat mencari air untuk putranya.

6. Pada Ahad, mereka akan menuju ke Mina di mana jamaah akan menghabiskan sepanjang hari untuk sholat. Lebih dari 200 bus telah disiapkan untuk mengangkut jemaah haji dari Masjidil Haram ke Mina. Bus dapat mengangkut rata-rata 2.000 peziarah setiap tiga jam

7. Jamaah telah diberi warna yang berbeda, sesuai dengan "tempat" yang ditentukan setelah mereka tiba di Mina. Langkah tersebut telah diberlakukan untuk mencegah kerumunan dan memastikan bahwa setiap peziarah memiliki cukup ruang untuk melakukan sholat.

8. Pada Senin, jamaah haji akan menuju Arafah untuk ritual haji yang paling penting. Di sana, mereka akan menghabiskan hari dengan sholat di gunung tempat Nabi Muhammad diyakini telah menyampaikan khotbah terakhirnya.

9. Setelah salat magrib, jamaah akan menuju ke Muzdalifah di mana mereka akan berdoa dan mengumpulkan batu-batu kecil dan kerikil.

10. Pada hari pertama Idul Adha, jemaah haji akan kembali ke Mina untuk melempar batu kerikil (jumrah) sebanyak tujuh kali.

11. Tanda kuning akan ditempatkan di lantai di sekitar batu raksasa untuk memastikan bahwa jamaah menjaga jarak yang memadai antara satu sama lain.

12. Mereka kemudian akan melakukan ritual haji terakhir, seperti mencukur rambut (untuk jamaah haji laki-laki), mengelilingi Ka'bah lagi, dan lempar jumroh setan.

13. Sebelum meninggalkan Makkah, jamaah akan melakukan "tawaf perpisahan" di mana mereka akan berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali untuk menyelesaikan haji mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini