Ahad 18 Jul 2021 20:11 WIB

Tugas Mulia Para Robot dalam Ibadah Haji

Robot-robot canggih mulai dikerahkan pada pelaksanaan haji tahun ini.

Robot yang bertugas di Masjid Al-Haram.
Foto: (AP Photo/Amr Nabil)
Robot yang bertugas di Masjid Al-Haram.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Robot-robot canggih mulai dikerahkan pada pelaksanaan haji tahun ini. Tugas para robot pun tak main-main, mereka bertanggungjawab akan kebersihan di Masjid Al-Haram.

Hebatnya, para robot ini memiliki program yang mampu menjaga dan menganalisasi kebersihan di lingkungan masjid. "Para robot memilki sebuah stimulus yang mampu mengenali lokasi secara paten (SLAM),"kata Direktur Teknis dan Layanan Presidensi Dua Masjid Suci, Naif Al-Jahdali, seperti dilansr Saudi Gazzette, Ahad (18/7).

Baca Juga

Diungkap Naif, para robot bekerja lima hingga delapan jam tanpa intervensi manusia. Para robot juga membawa 23,8 liter cairan pembersih yang akan digunakan dua liter per jam untuk area seluas 600 meter. Tugas lainya, selama per 10 menit, robot mendistribusikan 30 botol air zamzam kepada jamaah.

Pada pelaksanaan haji tahun ini, pemerintah Saudi hanya membatasi jamaah haji untuk warga Saudi dan pekerja asing yang menetap di Saudi. Selama penyelenggaraan haji pemerintah Saudi memastikan pelaksanaan prokokol kesehatan secara ketat hingga memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah selama beribadah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement