Senin 19 Jul 2021 11:36 WIB

Tentara Wanita Saudi Makin Berpenan Dalam Pengamanan Haji

Tentara Wanita Saudi Makin Berpenan Dalam Pengamanan Ibadah Haji

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Subarkah
Laskar perempuan menjaga Masjidil Haram.
Foto: Google.com
Laskar perempuan menjaga Masjidil Haram.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH--Menggunakan seragam militer selalu menjadi impian seorang gadis muda Arab Saudi, Jawaher al-Shammari sejak kecil. Ayahnya yang juga berkarir di militer membuat Jawaher selalu terpesona setiap kali melihat orang tuanya memakai seragam. 

Namun akhirnya impian itu kini telah terwujud. Jawaher saat ini menjadi salah satu petugas di sektor keamanan Kerajaan. 

 “Hari ini, saya adalah seorang perwira militer Saudi yang bekerja di musim haji sebagai inspektur keselamatan di Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil.  Saya melakukannya dengan sangat bangga karena ini adalah pekerjaan kemanusiaan yang penting," terangnya dilansir dari Alarabiya English, Ahad (18/7).

"Masuknya saya ke bidang militer adalah untuk mengabdi pada negara dan agama saya, dan salah satu tugas sebagai inspektur keselamatan adalah berpatroli di kamp-kamp peziarah untuk memastikan keamanan dan perlindungan kebakaran berjalan dengan cepat dan diikuti. Misalnya memeriksa konstruksi kamp, ​​alat pemadam kebakaran dan instalasi listrik,” tambahnya.

 

Terlihat Jawaher dengan cermat mengawasi tempat tugasnya saat ditempatkan di antara koridor kamp tempat suci di Mina. Mata tentara wanita pertahanan sipi itu memantau dan mengendalikan semua peralatan untuk memastikan persyaratan keamanan dan keselamatan.

 “Pekerjaan kami, sebagai keselamatan dalam Pertahanan Sipil Saudi adalah pengawasan preventif. Dan berdiri di kamp-kamp peziarah serta memastikan bahwa persyaratan disediakan untuk keselamatan dan perlindungan peziarah selama ritual,” katanya.

Patroli disebutnya akan dilakukan sepanjang hari-hari haji di semua tempat suci dengan menggunakan teknologi dan aplikasi modern yang memfasilitasi operasi inspeksi.  Penggunaan teknologi tinggi juga akan memudahkan kerja petugas untuk memastikan musim haji tahun ini untuk menerima laporan sepanjang waktu dan menangani semua kasus darurat dari seluruh wilayah Mina. 

 
 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement