100 Ribu Botol Air Zamzam Dibagikan Setiap Hari untuk Jamaah

Senin , 19 Jul 2021, 13:28 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Esthi Maharani
Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.
Robot digunakan untuk membagikan air zamzam pada jamaah di Masjidil Haram, Makkah. Robot dipakai untuk menerapkan aturan jaga jarak selama pandemi Covid-19.

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kepresidenan Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyediakan semua kebutuhan para jamaah untuk melewati musim haji dengan aman. Salah satunya penyediaan air zamzam untuk jamaah yang telah dikemas dalam botol-botol plastik.

 

Terkait

Dilansir dari Alarabiya, Senin (19/7), jamaah haji diberikan lebih dari 100 ribu botol air Zamzam per hari, selama sepuluh hari pertama Dzulhijjah. Selain itu, lebih dari 9.000 liter air Zamzam didistribusikan oleh 350 pekerja, bersama dengan 2.000 bungkus kurma selama shalat Dhuhur, Ashar, dan Maghrib.

Pendistribusian dilakukan menggunakan robot untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 di antara jamaah. Robot menggunakan sistem kontrol yang diprogram untuk memastikan tidak terjadi kontak fisik antar jamaah.

Robot dapat mendistribusikan rata-rata 30 botol air Zamzam selama 10 menit berkeliling di halaman Ka'bah. Robot tersebut juga mampu bekerja lima hingga delapan jam tanpa henti.

Kepresidenan umum mengalokasikan 3.000 kereta listrik yang dapat dipesan sebelumnya di aplikasi Tanaqol, untuk memastikan pengunjung menghindari keramaian dan menjaga jarak sosial.

Direktur departemen layanan mobilitas di Masjidil Haram, mengatakan bahwa departemennya akan mengawasi pemeliharaan dan sterilisasi robot dan memantau pergerakan mereka, memastikan mereka digunakan di area yang dialokasikan.

Badan tersebut juga membagikan 12 ribu payung kepada jemaah haji dan pekerja di Masjidil Haram pada Jumat lalu, untuk membantu memberikan perlindungan dari sengatan panas matahari.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini