Rasulullah SAW Gunakan Tanah Madinah untuk Obat, Ini Caranya

Senin , 19 Jul 2021, 16:51 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Tanah Madinah menurut keyakinan ulama bisa digunakan sebagai obat. Ilustrasi kawasan Madinah
Tanah Madinah menurut keyakinan ulama bisa digunakan sebagai obat. Ilustrasi kawasan Madinah

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA— Madinah mempunyai banyak keutamaan. Bahkan Rasulullah SAW selalu berdoa kepada orang sakit dengan lafaz doa yang mengutip tanah Madinah. 

 

Terkait

باسْمِ اللَّهِ، تُرْبَةُ أرْضِنَا، برِيقَةِ بَعْضِنَا، يُشْفَى سَقِيمُنَا، بإذْنِ رَبِّنَا  "Bismillah turbatu ardhina bi riiqati ba'dhina yasyfii saqiimana, bi idzni Rabbina." 

Baca Juga

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya mengatakan bahwa doa tersebut merupakan salah satu hadits Rasulullah dari Aisyah RA yang diriwayatkan Imam Bukhari. Arti lafaz doa di atas adalah:

"Dengan nama Allah, Tanah kami bercampur dengan air ludah sebagian kami menyembuhkan orang-orang sakit kami."

Dalam Shahih Muslim ada sebuah hadits yang menyatakan bahwa apabila ada orang yang sakit atau terluka, Rasulullah SAW akan mengerjakan seperti itu. 

Imam Nawawi berkata bahwa Rasulullah SAW mengusapkan jari dengan air ludah lalu menggosokkannya di tanah supaya tercampur dengan tanah dan kemudian membaca doa di atas mengusapkannya ke bagian yang sakit dan terluka. 

Syekh Maulana Muhammad Zakariyya mengatakan, sebagian ulama mengatakan bahwa hadits di atas bersifat umum. Yakni, beliau bersabda seperti itu dengan tanah mana saja.

Mereka beralasan bahwa tanah tempat kelahiran sesuai dengan tabiat seseorang, sebagaimana telah dijelaskan dengan panjang lebar oleh Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab Fath al-Bari.

"Namun ada sebagian ulama berkata bahwa hal itu khusus untuk tanah Madinah Munawarah saja," katanya.

Allamah Qasthalan dalam kitab Mawahib Laduniyah menulis mengenai keistimewaan Madinah, bahwa debunya bisa mengobati penyakit kusta dan belang. 

Allamah Zurqani mengatakan, ini bukan masalah pengobatan dan bukan masalah akal, akan tetapi tanah itu tidak bermanfaat bagi orang-orang yang mengingkarinya.  

Allamah Zurqani  juga menyebutkan kisah-kisah orang berpenyakit belang dan sembuh dengan di usapi tanah Madinah. Dan dia juga mengatakan tanah Madinah merupakan obat bagi segala penyakit. 

"Allamah Zurqani  juga menulis bahwa suatu ketika Rasulullah SAW mendatangi kabilah Bani Harits. Mereka datang ketika tertimpa penyakit. Rasulullah SAW bertanya "Apa kabar? Mereka menjawab kami sedang terkena penyakit demam. Rasulullah SAW bersabda:  

"Di sisi kalian ada Shuaib (sebuah tempat di Madinah yang berada di lembah Buthhan) mereka berkata apa yang harus kami lakukan terhadap Shuaib? Rasulullah SAW bersabda "Ambilah tanahnya kemudian masukkan di dalam air, lalu bacalah doa berikut. 

"Bismillah turaabu ardhina biriiqi bad'hina syifaun limaridhina biidzni rabbinaa." "Mereka pun mengamalkannya dan dengan karunia Allah demam mereka mulai mereda," katanya.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini