Doa Jamaah di Arafah: Ya Allah Angkatlah Pandemi ini

Senin , 19 Jul 2021, 20:56 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Seorang jamaah haji tengah berdoa di padang Arafah, Senin (19/7).
Seorang jamaah haji tengah berdoa di padang Arafah, Senin (19/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan calon haji berkumpul di Padang Arafah, Senin (19/7). Di sana, para jamaah berdoa agar pandemi covid-19 segera berakhir.

 

Terkait

"Ini hal yang tidak bisa saya gambarkan, terpilih di antara jutaan orang untuk melaksanakan haji. Saya berdoa agar Allah mengakhir masa-masa sulit selama pandemi,"kata Um Ahmed, peziarah Palestina yang menetap di Riyadh, Saudi seperti dilansir Arabnews, Senin (19/7). Um mengungkap, telah kehilangan empat anggota keluarga karena virus tersebut.

Baca Juga

Untuk kedua kalinya, Arab Saudi memberlakukan pembatasan haji guna mencegah penyebaran virus corona. Hanya 60 ribu jamaah yang diperbolehkan untuk melaksanakan haji tahun ini. Sebagian besar jamaah haji merupakan warga Saudi dan pekerja asing yang menetap di Saudi. Mereka berusia 18 hingga 65 tahun yang telah sepenuhnya divaksinasi dan tidak menderita penyakit kronis. 

Pada tahun sebelumnya, sebanyak dua juta peziarah memenuhi padang Arafah duduk berdekatan di tengah panasnya cuaca di Mekkah. Mereka membawa payung dan kipas anin agar tetap sejuk meski suhu mencapai 40 derajat celcius. Untuk tahun ini, para jamaah harus menjaga jarak dan mengenakan masker. 

"Doa pertama adalah saya memohon kepada Allah agar mengangkat pandemi ini, cobaan ini, dan kesedihan ini untuk seluruh umat manusia, dan khususnya umat Islam, sehingga di tahun berikutnya mereka dapat menghadiri haji dan memenuhi tempat-tempat suci ini,"kata salah seorang peziarah, Maher Baroddy.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini